Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Mobil Rem Mendadak karena Kelewatan Exit Tol

Kompas.com - 02/03/2024, 07:22 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Jalan tol di Indonesia memang digunakan oleh beragam model pengemudi. Salah satu yang berbahaya di jalan tol adalah mereka yang memaksa keluar tol dengan cara manuver dari lajur paling cepat atau melakukan pengereman secara mendadak.

Seperti contoh video yang ditampilkan oleh akun Dashcam Indonesia, Jumat (1/3/2024). Dalam tayangan tersebut terlihat mobil sedan yang melakukan pengereman secara mendadak diduga karena terlewat pintu keluar tol.

Sontak pengemudi yang berada tepat di belakang mobil itu pun langsung mengerem sambil membunyikan klakson panjang. Beruntungnya, kondisi lalu lintas tidak terlalu padat, sehingga kejadian tabrak belakang pun bisa dihindari.

Baca juga: Baterai NMC Lebih Diminati, BYD Mengaku Tidak Ambil Pusing

“Dia mau keluar, kelewatan, langsung ngerem pelan di jalur tengah,” tulis keterangan dalam unggahan tersebut.

Jika melihat rekaman tersebut, kejadian itu terjadi di ruas Tol Cinere-Jagorawi (Cijago). Sejak tol itu diresmikan memang banyak pengendara yang kebablasan, seharusnya keluar di pintu tol Depok-Antasari, tapi jadi lurus ke arah Cinere.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Dashcam Indonesia (@dashcamindonesia)

Bahkan, beberapa waktu lalu sempat viral video yang memperlihatkan sejumlah mobil berjalan mundur lantaran kebablasan saat hendak keluar pintu tol.

Menanggapi hal ini, Training Director The Real Driving Centre (RDC) Marcell Kurniawan menjelaskan risiko berjalan mundur di jalan tol.

"Saat mundur terlalu jauh, maka risikonya tinggi karena blind spot di belakang kendaraan besar," ucap Marcell, kepada Kompas.com.

Marcell menegaskan, jika memang pengguna jalan tol terlewat pintu keluar atau salah lajur, tindakan terbaik adalah keluar di pintu tol berikutnya.

Baca juga: Ini Fungsi Lain Sabuk Pengaman, Berguna Saat Mobil Mogok

"Kalau kita kelewatan pintu tol, wajib keluar di pintu tol berikutnya dan jangan mundur seperti rekaman di media sosial tersebut," kata Marcell.

Marcell juga membagikan tips agar pengemudi tidak terlewat atau dapat mengantisipasi pintu keluar tol yang akan dituju.

Pengendara kebablasan di Tol Cijago dan terpaksa mundurKompas.com/Donny Pengendara kebablasan di Tol Cijago dan terpaksa mundur

Pertama, rencanakan perjalanan. Pastikan lakukan perencanaan rute mana yang akan dilalui. Dengan memahami rute dan daerah tujuan maka hal seperti terlewat pintu tol tidak akan terjadi.

Kedua, pastikan selalu memperhatikan rambu informasi arah jalan, jangan sampai ada distraksi saat mengemudi. Sebelum pintu tol tentu akan ada rambu pengingat yang menunjukkan informasi mengenai jalur yang harus diambil. Pastikan untuk konsentrasi dan memahami rambu yang ada di jalan tol.

Baca juga: Diler Chery Sentuh Kepulauan Riau

Ketiga, pengemudi dapat menggunakan aplikasi tambahan seperti Google Maps atau Waze untuk menginformasikan kapan harus keluar tol. Namun, pada saat menggunakannya disarankan untuk tidak terlalu sering melihat ke aplikasi, lebih aman gunakan perintah suara ketimbang melihat ponsel.

Keempat, jika sudah terlanjur terlewat, keluar di pintu tol berikutnya dan cari jalan baru. Jangan pernah mundur kembali di pinggir tol, bahkan untuk memutuskan berhenti di tengah jalan. Aksi ini berbahaya bagi diri sendiri dan pengguna jalan lain.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com