Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Terima Ditegur karena Parkir Sembarangan, Pengemudi Mobil Aniaya Petugas Dishub

Kompas.com - 11/03/2024, 13:01 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Viral di media sosial video yang memperlihatkan aksi arogansi seorang pengguna jalan.

Dalam rekaman yang diunggah oleh akun Instagram Bandung Banget, Senin (11/4/2024), terlihat pengendara mobil yang terlibat cekcok dengan petugas Dinas Perhubungan di sekitar Gedung Sate Kota Bandung.

Berdasarkan narasi video tersebut, dijelaskan bahwa kejadian bermula saat pengemudi mobil ditegur lantaran parkir tidak pada tempatnya.

Namun, setelah mendapat teguran, pengemudi itu justru tidak terima dan menghantamkan mangkuk bubur ke kepala anggota Dishub hingga korban mengalami pendarahan.

Insiden ini diketahui juga sudah ditangani oleh Kepolisian Polrestabes Bandung.

Baca juga: Reaksi Hino Soal Penerapan Euro 5

Perlu diingat bahwa jalan raya merupakan ruang publik, maka dari itu setiap penggunanya diharapkan selalu mematuhi aturan lalu lintas yang berlaku.

Terkait video tersebut, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengatakan, salah satu tujuan keberadaan anggota Dishub di lapangan adalah untuk menertibkan lingkungan dan arus lalu lintas dengan cara mengingatkan atau memberi teguran.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Bandung Banget! (@bandung.banget)

“Memang banyak petugas yang masih belum memenuhi syarat bertugas untuk menertibkan dan ditambah lagi banyak juga pengemudi yang sumbu pendek. Mungkin cara menegurnya (petugas dalam video) tidak asik menurut dia (pengemudi mobil), atau memang yang ditegur egonya tinggi,” ucap Sony, kepada Kompas.com, Senin (11/4/2024).

Kendati demikian, Sony mengimbau pengguna jalan untuk selalu menunjukkan karakter yang baik saat di tempat umum. Biasakan untuk melihat dan mematuhi rambu-rambu, sebab hal tersebut tidak hanya berdampak pada dirinya namun juga orang lain.

Baca juga: Waktu yang Tepat untuk Ganti Filter Oli Mobil

“Kita sebagai pengendara itu dinilai dan ditandai. Dari hal-hal kecil saja, di mana berhenti dan di mana parkir, gampang kok. Biasakan melihat rambu, paling tidak jangan menyusahkan orang lain (bikin macet) dan tidak mempermalukan diri sendiri,” kata Sony.

“Kalau pun ditegur sebaiknya koreksi diri dan jangan cari-cari alasan, kalau perlu tanya petugas di mana lokasi untuk drop off atau parkir,” lanjutnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com