Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebelum Beli Mobil Matik Bekas Pahami Dulu Usia Pakai Transmisinya

Kompas.com - 08/03/2024, 11:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

KLATEN, KOMPAS.com - Mobil matik bekas banyak dicari masyarakat lantaran lebih mudah dan nyaman saat digunakan.

Perpindahan percepatan pada transmisi matik lebih halus dan berlangsung secara otomatis membuat penumpang merasa lebih nyaman atau tidak merasakan adanya hentakan saat di dalam kabin.

Namun, mobil matik dianggap lebih banyak membutuhkan perawatan dan memiliki masa pakai lebih pendek daripada transmisi manual. Lantas, berapa usia ideal transmisi matik?

Baca juga: Apakah Masih Layak Beli Mobil Bekas dengan Cara Kredit?

Tuas transmisi matik Daihatsu Ayla R ADS CVTKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Tuas transmisi matik Daihatsu Ayla R ADS CVT

Elin, Pemilik GK Auto Service Gunung Kidul mengatakan usia pemakaian transmisi matik tidak bisa diprediksi secara pasti, namun itu dipengaruhi oleh cara pemakaian dan perawatannya.

“Bila mobil matik dirawat dengan baik, ganti oli transmisi rutin tidak pernah telat, pengoperasiannya tidak asal-asalan, maka transmisinya bisa awet bahkan ada yang bisa sampai 400.000 Km,” ucap Elin kepada Kompas.com, Kamis (7/3/2024).

Kendati demikian, pada jenis mobil sama dengan tahun produksi sama, menurut Elin bisa saja terjadi kerusakan transmisi matik lebih dini.

Baca juga: Pedagang Mobil Bekas Masih Hati-hati Jual Mobil Listrik

Transmisi mobil transmisi matikKOMPAS.com/Gilang Transmisi mobil transmisi matik

“Kembali lagi pada perawatan dan cara pengoperasia transmisi matik, beberapa kejadian kerusakan transmisi matik disertai penurunan kualitas oli, maka dari itu saya menyarankan penggantian oli matik secara rutin biar awet,” ucap Elin.

Hermas Efendi Prabowo, Pemilik Warner Matic Bengkel Spesialis Matik mengatakan mobil dengan transmisi otomatis memiliki kelebihan terutama dalam hal kenyamanan saat pengoperasia.

“Setiap kerusakan transmisi matik bisa diperbaiki, sehingga tidak perlu takut saat membeli mobil matik bekas, soal batas usia pemakaian transmisi matik memang ada, semua komponen pasti memiliki masa pakai,” ucap Hermas kepada Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: Cek Kondisi Mobil Bekas Bisa Dilihat dari Sabuk Pengaman


“Jadi ketika dapat mobil bekas dengan banderol lebih kecil, jangan menganggap dapat barang murah, itu memang harga normalnya, selisih harga itu bisa digunakan untuk menutup biaya perbaikan transmisi matik,” ucap Hermas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com