Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Masih Layak Beli Mobil Bekas dengan Cara Kredit?

Kompas.com - 07/03/2024, 09:22 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Bursa mobil bekas tidak pernah sepi peminat. Mobil bekas tetap laris karena konsumennya ialah orang yang ingin punya kendaraan tapi dengan harga lebih miring.

Saat ini membeli mobil bekas juga bisa kredit. Artinya walau bukan mobil baru, konsumen bisa mencicil tiap bulan. Memudahkan konsumen jika kondisi kantung "ngepas" tapi butuh kendaraan.

Baca juga: Produsen Pelumas Ini Kembali Dukung Prima Pramac Racing di MotoGP

Pertanyaannya ialah apakah mobil bekas layak dibeli dengan cara kredit?

Sebab seperti diketahui, tiap tahun harga mobil turun karena ada depresiasi yaitu pengurangan nilai suatu aset akibat usia atau durasi pemakaian.

Nissan March Bekas di bursa mobil bekas SoloKOMPAS.com/ SELMA AULIA Nissan March Bekas di bursa mobil bekas Solo

Louis Hansen, Marketing Autobahn.id, showroom mobil bekas di BSD City, Tangerang, mengatakan, sebetulnya sama saja, apalagi jika membeli mobil bekas dengan cara kredit yang tahun muda maka untung.

"Contoh ya Raize tahun 2022, hemat sudah Rp 40 juta kilometer masih 10.000 km, masih seperti baru. Sebetulnya orang lebih ringan. Kemudian leasingnya juga sama-sama saja tidak beda jauh," ujar Louis kepada Kompas.com, Selasa (5/3/2024).

Baca juga: Efek Kasus Pencurian Baterai, BSN Gagas Standardisasi Motor Listrik

Louis mengatakan mayoritas konsumen terutama konsumen mobil Eropa bekas di tempatnya tetap beli dengan cara kredit atau dicicil.

"Banyak yang kredit, sekitar 70 persen tetap kredit," ujar Louis.

Louis Hansen, Marketing Autobahn.id, showroom mobil bekas di BSD City, Tangerang.Foto: KOMPAS.com/Adityo Wisnu Louis Hansen, Marketing Autobahn.id, showroom mobil bekas di BSD City, Tangerang.

Baca juga: Ini Mobil Listrik dengan Pengisian Daya Tercepat di Dunia

Louis mengatakan, saat ini banyak showroom mobil bekas yang menawarkan kemudahan kepada calon konsumen.

"Karena bedanya dengan mobil baru ini kami berikan kemudahan, DP-nya bisa diatur berapa, selama masih bisa dinego berbeda dengan mobil baru yang harganya lebih tetap," ujar Louis.

"Nanti dihitung biasanya DP 15 persen sampai 20 persen. Itu tenornya bisa sampai 5 tahun. DP makin besar, artinya hutangnya makin kecil ke leasing, bunganya semakin sedikit," ujar Louis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com