Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bolehkah Bawa Jasa Cek Mobil Sendiri Saat Beli Mobil Bekas?

Kompas.com - 05/03/2024, 15:01 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS. com - Mobil bekas masih menjadi pilihan menarik untuk sebagian orang. Salah satu faktornya ialah harga yang lebih terjangkau ketimbang membeli mobil baru.

Saat ini tak sedikit pedagang mobil bekas bekerjasama dengan jasa pengecekan kondisi mobil. Namun tetap ada saja calon konsumen yang membawa orang, teknisi atau jasa cek kondisi mobil sendiri.

Baca juga: Awas, Aki Mobil Bisa Tekor jika Kunci Tidak Dicabut

Inspeksi pembelian mobil bekasOtospector Inspeksi pembelian mobil bekas

Louis Hansen, Marketing Autobahn.id, showroom mobil bekas di BSD City, Tangerang, mengatakan, pihaknya tidak masalah bila calon konsumen membawa jasa pengecekan kondisi mobil sendiri saat melihat mobil.

"Masih ada dan diperbolehkan juga, karena kami yakin barang-barang di tempat kami bebas tampak banjir dan tidak apa-apa, sah-sah saja," ujar Louis yang ditemui Kompas.com, Selasa (5/3/2024).

Louis mengatakan, saat ini para pedagang mobil bekas membiarkan jika calon konsumen membawa jasa pengecekan mobil sendiri. Pihak showroom bahkan bisa membantu pengecekan ke diler.

Baca juga: Update Harga Skutik Bongsor Maret 2024, Yamaha Naik

Louis Hansen, Marketing Autobahn.id, showroom mobil bekas di BSD City, Tangerang.Foto: KOMPAS.com/Adityo Wisnu Louis Hansen, Marketing Autobahn.id, showroom mobil bekas di BSD City, Tangerang.

"Kalau mau bawa sendiri ke diler nanti kami bisa bantu untuk daftarkan dan kalau ada biaya tambahan dibebankan ke konsumen," katanya.

Louis mengatakan, adanya jasa pengecekan kondisi mobil justru bagus buat bisnis mobil bekas. Karena dengan demikian kualitas mobil yang ada di bursa seken jadi meningkat.

"Buat mobil bekas jadi makin bagus sih, karena orang jadi lebih percaya dan buat orang awam yang mungkin tidak terlalu paham teknis mobil bisa terbantu," ujar Louis.

"Kalau mobil jelek pasti langsung ketahuan dan kita tidak akan ambil," ujar Louis yang mayoritas jualan mobil Eropa bekas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com