Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mitos atau Fakta, Sabun Cuci Piring Bagus untuk Mencuci Mobil?

Kompas.com - 08/03/2024, 08:12 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - Membahas soal tips dan trik perawatan mobil, pengguna dianjurkan untuk berhati-hati. Pasalnya, ada beberapa anjuran yang kedengarannya bagus, tapi ternyata tidak.

Satu contoh tips perawatan yang harus diluruskan berkaitan dengan proses mencuci mobil. Sebagian pemilik menyebut jika sabun cuci piring punya komposisi bagus dan diklaim bisa merawat bodi mobil.

Menurut pakar perawatan dan detailing, anjuran tersebut tidak terlalu tepat dan bisa dianggap mitos belaka. Sabun cuci piring tidak punya manfaat apapun untuk bodi mobil.

Robby Kurniawan, CEO AutoGlaze Indonesia menjelaskan, tips ini merupakan mitos lama yang dulu sempat populer, namun saat ini masih diterapkan oleh beberapa pemilik mobil.

Baca juga: Video Viral, Ratusan Motor Karyawan Pabrik Kebanjiran di Cirebon

Ilustrasi sabun cuci piring. FREEPIK/FREEPIK Ilustrasi sabun cuci piring.

“Kalau dibilang (sabun cuci piring) itu jelek sebetulnya kurang tepat, tapi memang tidak ada istimewanya. Sabun mobil paling baik itu yang dikhususkan untuk mobil,” ucapnya saat dijumpai Kompas.com di Tangerang, Rabu (6/3/2024).

Robby lanjut membagikan penjelasan rinci soal komposisi sabun yang baik untuk mobil, pasit sudah ada kandungan tambahan seperti liquid wax dan glossing agent (pengkilap).

“Sabun cuci mobil itu enggak cuma detergen saja, ada waxnya yang bisa memberikan efek daun talas, kemudian efek kilapnya itu karena ada glossing agent,” ucap dia.

Baca juga: Bakal Banyak Bus Listrik di Pameran Busworld 2024

Ilustrasi mencuci mobil dapat membakar kalori untuk menurunkan berat badan. SHUTTERSTOCK/OLGA ALPER Ilustrasi mencuci mobil dapat membakar kalori untuk menurunkan berat badan.

Menurutnya, sabun cuci piring punya komposisi standar saja dan tidak ada keunggulan apapun. Kendati demikian, sabun jenis ini bisa saja dipakai dalam kondisi darurat, asal jangan terlalu sering.

“Kalau sesekali pakai aman-aman saja, maksudnya kalau dibandingkan dengan shampoo atau deterjen baju, sabun cuci piring masih lebih oke karena netral,” kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com