Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Scania Bawa Sasis Bus Premium dan Truk Canggih ke Giicomvec 2024

Kompas.com - 07/03/2024, 18:21 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada gelaran Giicomvec 2024 di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Scania turut serta sambil membawa lini produk jagoannya. Ada tiga model yang dibawa, dua berupa sasis bus dan satunya truk penarik kontainer.

Khusus bus, model yang dibawa merupakan yang terbaru, sudah memenuhi standar emisi Euro 5. Pertama ada K410CB serta K450CB, keduanya sasis bus tronton dengan tenaga mesin tembus 400 TK.

Seperti namanya, K410CB menggunakan mesin enam silinder segaris, 13.000cc yang menghasilkan tenaga 410 TK. Sedangkan buat torsinya tembus 2.150 Nm dan uniknya sudah bisa menenggak Bio Solar sampai B100.

Baca juga: Strategi Korlantas Hadapi Kemacetan Arus Mudik Lebaran

Sasis bus Scania di GiicomvecKOMPAS.com/FATHAN Sasis bus Scania di Giicomvec

Kemudian buat K450CB, mesin yang digunakan sama dengan K410CB. Bisa dilihat dari namanya, K450CB punya tenaga lebih besar, 450 TK dan torsi 2.350 Nm. 

Kedua bus punya karakter sama, torsi besar di putaran mesin yang rendah. Hasilnya, Scania mengklaim konsumsi BBM bisa ditekan, jadi lebih hemat.

Baca juga: PO Halmahera Rilis 2 Bus Baru, Tampil Premium Pakai Sasis Scania

Truk Scania di GiicomvecKompas.com/fathan Truk Scania di Giicomvec

Soal emisi, standar Euro 5 bisa dicapai dengan menggunakan Selective Catalytic Reduction atau SCR. Jadi sistemnya akan menyemprotkan urea ke gas buang, yang hasilnya menurunkan emisi karbon.

Beralih ke truk, Scania membawa P320-A6x4, truk penarik kontainer dengan tiga as roda. Tenaga dari truk ini adalah 320 TK, sesuai dengan namanya dan torsi 1.600 Nm di putaran mesin 1.050-1.400 RPM.

Baik bus maupun truk sudah dilengkapi dengan transmisi khas Scania yakni Opticruise. Modelnya akan beradaptasi dengan gaya berkendara pengemudi, menghasilkan konsumsi BBM yang efisien dan berkendara yang nyaman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com