Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER OTOMOTIF] Ethiopia Jadi Negara Pertama yang Larang Mesin Bahan Bakar Minyak | Harga MPV Bekas per Februari 2024, Innova mulai Rp 72 Jutaan

Kompas.com - 15/02/2024, 06:02 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ethiopia, negara di Afrika Timur menjadi negara pertama yang melarang kendaraan dengan mesin pembakaran internal atau ICE dan hanya memperbolehkan kendaraan listrik yang dapat beroperasi.

Ethiopia memutuskan bahwa hanya mobil listrik yang boleh diimpor ke dalam negeri. Langkah ini bahkan mendahului rencana Uni Eropa baru efektif melarang mobil mesin dengan bahan bakar minyak pada 2035.

Selain itu,   Multi purpose vehicle (MPV) bekas bisa jadi pilihan alternatif bila Anda hendak membeli mobil. Banyak mobil bekas ditawarkan dalam kondisi prima serta banderol yang kompetitif. Boncu, Penjual mobil bekas di Trisno Motor Garage Solo mengatakan mobil bekas banyak diminati masyarakat, salah satunya MPV.

“Saat ini yang sedang banyak dicari kan mobil-mobil yang sudah tidak diproduksi, seperti Honda Freed, ketika ada unit masuk dan kondisinya baik pasti tidak lama akan laku terjual,” ucap Boncu kepada Kompas.com, Selasa (13/2/2024).

Baca juga: Honda EM1 e: Bisa Dicoba Langsung di IIMS 2024

 Berikut 5 artikel terpopuler di kanal otomotif pada Rabu, 14 Februari 2024:

1. Ethiopia Jadi Negara Pertama yang Larang Mesin Bahan Bakar Minyak

Kendati demikian belum diketahui secara pasti kapan aturan baru tersebut akan berlaku dan berlaku juga untuk mobil bekas atau tidak.

Dilansir dari notebookcheck, selama puluhan tahun negara-negara di Afrika "menjadi tempat pembuangan mobil bekas dari negara lain," Ethiopia sadar akan hal itu dan ingin mengubah peta industri.

Baca juga: Ethiopia Jadi Negara Pertama yang Larang Mesin Bahan Bakar Minyak

2. Harga MPV Bekas per Februari 2024, Innova mulai Rp 72 Jutaan

Deretan mobil bekas di area Gading Serpong, Tangerang. Penjual mengklaim minat konsumen meningkatKompas.com/Daafa Alhaqqy Deretan mobil bekas di area Gading Serpong, Tangerang. Penjual mengklaim minat konsumen meningkat

Sementara itu, salah seorang Penjual mobil Bekas di Berkah Barokah Mobil Semin, Gunung Kidul mengatakan peminat mobil bekas sama seperti biasanya.

“Peminatnya ada, sementara harga juga tidak ada penyesuaian, masih sama seperti biasanya kami pasang harga lebih murah dengan nego tipis,” ucapnya kepada Kompas.com, Selasa (13/2/2024).

Baca juga: Harga MPV Bekas per Februari 2024, Innova mulai Rp 72 Jutaan

3. Mobil Baru Hyundai Mejeng di JIEXPO Kemayoran, Ternyata Creta Facelift

Mobil Baru Hyundai Sudah Mejeng di JIEXPO Kemayoran, Ternyata Creta FaceliftKompas.com/Daafa Alhaqqy Mobil Baru Hyundai Sudah Mejeng di JIEXPO Kemayoran, Ternyata Creta Facelift

Persiapan ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024 sudah hampir rampung dan siap digelar pada Kamis (15/2/2024) di Jiexpo Kemayoran. Berdasarkan pantauan, nampak pula kehadiran beberapa mobil baru yang siap mengaspal di Indonesia.

Salah satu mobil baru yang cukup menarik dilansir oleh Hyundai, yang setelah ditelusuri oleh redaksi, adalah model Hyundai Creta Facelift.

Baca juga: Mobil Baru Hyundai Mejeng di JIEXPO Kemayoran, Ternyata Creta Facelift

4. Digelar Besok, Simak Harga Tiket IIMS 2024

Suasana IIMS 2023 hari Minggu (19/2/2023)KOMPAS.com/ADITYO WISNU Suasana IIMS 2023 hari Minggu (19/2/2023)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com