Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

IIMS 2024 Jadi Momen Pas untuk Beli Mobil

Kompas.com - 14/02/2024, 14:01 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ajang pameran otomotif nasional Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024 akan digelar tepat sehari setelah Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, yakni pada 15-25 Februari 2024.

Suzuki menilai pameran otomotif ini akan tetap ramai diminati pengunjung. Sebab, tidak lama setelah pameran selesai, akan ada perayaan Hari Raya Idul Fitri, di mana banyak konsumen yang mencari mobil untuk mudik.

“Saya lihat IIMS ini memang waktunya tepat, jadi sebelum puasa di pertengahan bulan Februari, kemudian di bulan depan kira-kira tanggal 10 (Maret) sudah masuk puasa. Biasanya kan sebelum puasa konsumen ini mencari referensi mobil-mobil mobil baru,” ucap Donny Saputra, Deputy Managing Director 4W PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), kepada Kompas.com, Selasa (13/2/2024).

Baca juga: Buntut Skandal Uji Keselamatan, Bos Daihatsu Lepas Jabatan

“Kalau kita bicara seasonal index, Ramadhan dan mudik ini adalah waktu-waktu untuk mencari mobil dan IIMS ini adalah waktu yang tepat ketika konsumen ingin mendapatkan informasi model, program penjualan yang baru yang ada di industri otomotif Indonesia,” lanjut Donny.

Suzuki XL7 mild hybrid jadi andalan pameran SIS di GIIAS 2023.KOMPAS.com/Aprida Mega Nanda Suzuki XL7 mild hybrid jadi andalan pameran SIS di GIIAS 2023.

Selain itu, Donny melanjutkan, pada era pandemi Covid-19 yang terjadi beberapa tahun belakang, sedikit banyak mengubah perilaku konsumen dari yang sebelumnya membutuhkan touch and feel atau titik sentuh awal, kini hanya perlu mendapat informasi dari media online.

“Pada saat mereka sudah punya gambaran, biasanya akan afirmasi untuk mengkonfirmasi pengambilan proses keputusan mereka. Biasanya mereka menggunakan ancang-ancang seperti motor show dan lain sebagainya untuk konfirmasi keputusan yang akan mereka ambil,” kata Donny.

Baca juga: Intip Spesifikasi VinFast VF9, SUV Listrik yang Meluncur di IIMS 2024

Maka dari itu, menurut Donny tak sedikit masyarakat yang memutuskan untuk mencari mobil baru di ajang IIMS seperti ini. Terlebih lagi diadakan saat momen yang pas yakni sebelum puasa dan momen libur Lebaran.

“Kalau kita lihat IIMS tidak hanya menawarkan program terbaik, tetapi kita harapkan ini tidak hanya mendongkrak permintaan dan masyarakat tetapi juga mendongkrak industri dan perputaran ekonomi secara spesifik di industri otomotif,” ucap Donny.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com