Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Pastikan Hilux Facelift Bebas dari Masalah Skandal Diesel

Kompas.com - 03/02/2024, 09:22 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Belum lama ini, Toyota Motor Corporation (TMC) mengumumkan pihaknya mengalami kesalahan prosedur dalam sertifikasi mesin diesel yang dilakukan oleh Toyota Industries Corporation (TICO). Kejadian tersebut membuat sebagian orang berpikir bahwa mobil Toyota bermasalah.

Kesalahan prosedur dalam sertifikasi mesin diesel tersebut melibatkan mesin 2GD, seperti yang digunakan pada Hilux dan Fortuner. Meski demikian, produksi dan penjualan kedua mobil tersebut tetap berjalan dengan normal.

Baca juga: Sebelum Rangga, Toyota Resmi Luncurkan Hilux Facelift di Indonesia

PT Toyota Astra Motor (TAM) juga sudah mengklarifikasi bahwa kesalahan prosedur dalam sertifikasi ini tidak mempengaruhi performa, keamanan, dan kualitas, dari Hilux atau Fortuner. Bahkan, belum lama ini Indonesia mendapatkan kesempatan jadi negara pertama yang meluncurkan Hilux facelift.

Toyota New Hilux meluncur dengan beberapa ubahan pada eksterior, interior, dan penambahan fiturKOMPAS.com/DONNY Toyota New Hilux meluncur dengan beberapa ubahan pada eksterior, interior, dan penambahan fitur

"Hilux tidak ada masalah, kita juga baru meluncurkan Hilux yang baru. Kalau ada masalah, kita tentu tidak berani untuk meluncurkannya," ujar Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran PT TAM, kepada wartawan, saat ditemui di Jakarta, Jumat (2/2/2024).

"Jadi, kita luncurkan dan mengumumkan harga, serta melaksanakan semuanya, seperti penjualan, dan lainnya tetap berjalan," kata Anton.

Baca juga: Impresi Berkendara Toyota Hilux GR Sport

Anton menambahkan, pihaknya juga sudah menjelaskan ke konsumen melalui jaringan dilernya. Begitu pula dengan konsumen-konsumen yang tergabung dalam komunitas.

Toyota Hilux facelift 2024 Tipe VTAM Toyota Hilux facelift 2024 Tipe V

Hilux facelift mendapatkan beberapa ubahan, mulai eksterior, interior, dan fiturnya. Namun, untuk dapur pacunya, Toyota masih mempertahankan mesin 2GD-FTV seperti pada model sebelumnya.

Sementara untuk harga, Toyota memasarkan Hilux facelift mulai Rp 442,2 juta untuk tipe E dengan transmisi manual, Rp 475,6 juta untuk tipe G manual, dan tipe V dengan transmisi matik sebesar Rp 526,55 juta on the road (OTR) Jakarta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com