Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebelum Rangga, Toyota Resmi Luncurkan Hilux Facelift di Indonesia

Kompas.com - 02/02/2024, 09:31 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengawali 2024, rupanya PT Toyota Astra Motor (TAM) lebih dulu meluncurkan New Hilux Double Cabin (D-Cab) 2.4 4x4, dibanding Rangga yang sebelumnya sudah ramai dibicarakan.

Indonesia menjadi negara pertama yang meluncurkan New Hilux dengan penyegaran pada sisi eksterior dan interior.

Vice President Director PT TAM Henry Tanoto mengatakan, pihaknya menghadirkan New Hilux Double Cabin berdasarkan peningkatan penjualan yang baik pada tahun lalu.

Penjualan Toyota Hilux D-Cab di segmen Pick Up 4x4 Double Cabin mengalami peningkatan yang menjanjikan setelah pandemi. Pada 2020 catatan penjualan retail hanya 3.807 unit, lalu menjadi 5.736 unit di 2021, dan 10.707 unit pada 2022.

Baca juga: Mitsubishi Xpander HEV Punya 7 Mode Berkendara

Setelah itu, penjualan Hilux D-Cab terus naik menuju 16.976 unit yang diikuti peningkatan market share hingga tembus 67,7 persen pada 2023.

Toyota Hilux facelift 2024 Tipe GTAM Toyota Hilux facelift 2024 Tipe G

"Toyota melihat bahwa retail sales Hilux Double Cabin pada Januari-Desember 2023 mencapai 16.976 unit, meningkat signifikan dari penjualan 2022 sebanyak 10.707 unit. Ini merupakan bukti pelanggan fleet dan private masih sangat meminati kendaraan komersial yang juga sanggup mendukung kebutuhan lifestyle penggunanya," ujar Henry dalam keterangan resminya, Kamis (1/2/2024).

Penyegaran yang diberikan Toyota untuk Hilux 2024 bisa dilihat dari sektor eksterior melalui black upper grille bergaya trapezoidal dengan dynamic honeycomb mesh, yang menambah kesan agresif ketika berpadu dengan headlamp yang dibuat menipis.

Paga bagian bumper, terdapat unique low floor underguard yang mampu memberikan kesan rendah bersama vertical foglamp bezel.

Baca juga: Pertahankan Rekor, Toyota Sukses Jual 11,2 Juta Unit Selama 2023

Toyota Hilux facelift 2024 Tipe VTAM Toyota Hilux facelift 2024 Tipe V

Untuk interior, tipe G dan V sudah disematkan defogger pada kaca belakang. Peningkatan pada sisi hiburan dihadirkan melalui premium audio tipe G, dan AVX 7 inci pada tipe V yang juga memiliki fitur mirroring.

Khusus pada tipe V, Toyota ikut menambahkan clearance sensor di depan dan belakang guna membantu pengendara saat parkir. Sedangkan audio pada tipe E, masih mengusung model standar.

Dapur pacu New Hilux Double Cabin 2.4 4x4 tetap mengandalkan mesin diesel ramah lingkungan 2GD-FTV 2.400 cc. Berdasarkan data, tenaganya sebesar 145 Tk dan torsi 400 Nm yang disalurkan pada dua tipe pilihan transmisi, yakni otomatis 6 percepatan pada tipe V dan manual 5 percepatan di E dan G.

Baca juga: Menakar Biaya Perawatan Honda CR-V RS Hybrid hingga 100.000 Km?

Toyota mengaku, mesin diesel yang menggunakan Flex Fuel Technology ini terbukti dapat diandalkan untuk berbagai mobilitas bisnis dan private.

"Penyegaran yang dilakukan, diharapkan dapat meningkatkan daya tarik kendaraan ini di mata pelanggan fleet dan private sehingga menjadi mobility solution yang sesuai kebutuhan masyarakat, baik untuk kegiatan usaha maupun aktivitas harian para pecinta kendaraan off-road," ujar Marketing Director PT TAM Anton Jimmi Suwandy.

Toyota Hilux facelift 2024 Tipe ETAM Toyota Hilux facelift 2024 Tipe E

Sementara untuk harga, Toyota memasarkan Hilux facelift mulai Rp 442,2 juta untuk tipe E dengan transmisi manual, Rp 475,6 juta untuk tipe G manual, dan tipe V dengan transmisi matik sebesar Rp 526,55 juta on the road (OTR) Jakarta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com