Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penjualan Kendaraan Elektrifikasi Toyota di Indonesia Naik Signifikan

Kompas.com - 02/02/2024, 18:31 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Toyota Astra Motor (TAM) membuka 2024 dengan pencapaian positif dari whole sales pada 2023 yang naik dibandingkan tahun sebelumnya.

Menariknya, penjualan Toyota termasuk Lexus, meningkat dari 332.43 unit pada 2023 menjadi 339.292 unit di tahun lalu. Hal ini berarti market share TAM terkerek menjadi 33,7 persen dari sebelumnya 31,7 persen di 2022.

Kijang Innova Zenix HEV (Hybrid Electric Vehicle) sukses mendorong penjualan elektrifikasi Toyota dengan total whole sales 27.705 unit pada 2023. Setelah itu diikut Yaris Cross HEV sebanyak 5.476 unit, dan Corolla Cross HEV 1.217 unit.

Toyota mengeklaim prestasi tersebut jadi catatan penting, di mana penjualan kendaraan elektrifikasinya meningkat tajam lebih dari 8 kali lipat, yakni dari 4.436 unit di 2022 menjadi 37.736 unit pada tahun lalu, apalagi Zenix dan Yaris Hybrid merupakan produksi dalam negeri.

Baca juga: Klarifikasi Toyota Soal Kesalahan Sertifikasi Mesin Diesel

Vice President Director PT. TAM Henry Tanoto mengatakan, peluncuran Kijang Innova Zenix serta Yaris Cross mendapatkan animo positif masyarakat, khususnya model HEV yang langsung memimpin penjualan kendaraan elektrifikasi kami.

Test drive Kijang Innova Zenix HybridKOMPAS.com/Adityo Test drive Kijang Innova Zenix Hybrid

"Semoga dengan kian lengkapnya pilihan model baru Toyota khususnya xEV tahun ini, dapat memberikan kontribusi yang signifikan dalam mendorong pertumbuhan penjualan kendaraan roda empat serta menghadirkan ever better cars yang sesuai kebutuhan pelanggan," kata Henry dalam ajang media gathering di Jakarta, Jumat (2/2/2024).

Marketing Director PT TAM Anton Jimmi Suwandy menjelaskan, pihaknya menghadirkan pilihan lengkap kendaraan elektrifikasi yang berhasil menarik minta pelanggan.

Dari HEV, Battery Electric Vehicle (BEV), dan Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV). Selain itu, Innova Zenix yang membawa DNA Kijang juga mampu membangkitkan minat keluarga atas mobility solution yang andal, khususnya yang mengusung teknologi hybrid di seluruh varian.

Peningkatan penjualan kendaraan elektrifikasi Toyota cukup signifikan dalam tiga tahun terakhir. Hal ini tak lepas dari meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya kendaraan yang ramah lingkungan.

Baca juga: Inden Suzuki Jimny 3 Pintu di Indonesia Surut, Tak Lagi Tahunan

Data menunjukkan kenaikan signifikan penjualan kendaraan elektrifikasi Toyota dari hanya 1.935 unit 0,7 persen dari total penjualan Toyota di 2021, menjadi 4.436 unit atau 1,3 persen pada 2022, dan mencetak rekor baru 37.736 unit atau 11,1 persen di 2023.

Toyota RAV4 GR Sport PHEVTAM Toyota RAV4 GR Sport PHEV

Kontribusi kendaraan elektrifikasi yang paling besar adalah hybrid dengan jumlah 2.489 unit pada 2021, 10.369 unit di 2022, dan naik 54.307 unit pada 2023.

"Sebagai pendatang baru di dunia otomotif, All New Kijang Innova Zenix dan All New Yaris Cross langsung memperoleh respons positif dari masyarakat. Tidak hanya itu, kedua xEV asli buatan Indonesia ini, ikut mendapatkan apresiasi dari berbagai kalangan," ucap Anton.

Sepanjang 2023, penjualan kendaraan elektrifikasi Toyota didominasi jenis Hybrid melalui Innova Zenix HEV, Yaris Cross HEV, dan Corolla Cross HEV.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com