Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil Hybrid Baru Toyota Meluncur Tahun Ini

Kompas.com - 02/02/2024, 14:21 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Toyota Astra Motor (TAM) terus menambah model untuk hybrid electric vehicle (HEV). Rencananya, tahun ini akan ada mobil hybrid terbaru yang siap meluncur.

Untuk diketahui, saat ini Toyota menjadi pabrikan dengan jajaran mobil hybrid terbanyak dan terlengkap. Mobil hybrid ini ada yang berjenis sedan, sport utility vehicle (SUV), dan multi purpose vehicle (MPV).

Baca juga: Ini yang Bikin Penjualan Mobil Hybrid di Thailand Tinggi

Pada segmen sedan, tersedia Camry HEV dan Corolla Altis HEV. Segmen SUV yang terbanyak, yakni Corolla Cross HEV, Yaris Cross HEV, dan RAV4 GR Sport PHEV. Lalu, segmen MPV diisi oleh Alphard HEV dan Innova Zenix HEV.

Toyota Yaris Cross HybridKOMPAS.com/Adityo Wisnu Toyota Yaris Cross Hybrid

"Bocoran untuk 2024, akan ada mobil hybrid terbaru lagi. Untuk waktunya kapan, ditunggu saja," ujar Henry Tanoto, Wakil Presiden PT TAM, kepada wartawan, saat ditemui di Jakarta, Jumat (2/2/2024).

Henry menambahkan, selama 2023, penjualan mobil hybrid Toyota tembus 37.021 unit. Jumlah tersebut gabungan dari HEV dan PHEV.

Baca juga: Masa Depan Mobil Hybrid Terancam BEV, Harga Sudah Kalah Murah

Menurutnya, ada beberapa alasan mobil hybrid kian digemari, seperti performa mesin, efisiensi bahan bakar, tidak perlu dicas (untuk HEV), minim biaya perawatan, nilai jual kembali yang baik, dan garansi baterai hingga 8 tahun atau 160.000 Km.

Test Drive Toyota Corolla Altis HybridKompas.com/Dio Test Drive Toyota Corolla Altis Hybrid

"Mobil hybrid lebih efisien hingga 40 persen. Selain itu, dengan penjualan 36.911 unit, bisa mengurangi emisi CO2 hingga 210.000 ton," kata Henry.

Belum diketahui kapan dan model apa mobil hybrid Toyota selanjutnya. Namun, banyak yang menduga akan ada Avanza Hybrid. Apalagi, belum lama ini Mitsubishi juga sudah meluncurkan Xpander HEV dan Xpander Cross HEV.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com