Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER OTOMOTIF] Ini Kasta Tertinggi Pelat Nomor Dewa, Jumlahnya Terbatas | Avanza Lawas Bekas Lebih Banyak Dicari Dibanding Model Baru

Kompas.com - 02/02/2024, 06:02 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Aturan terkait pelat nomor dewa alias nomer khusus pejabat instansi telah diperbarui oleh pihak kepolisian pada akhir Desember 2023. Regulasinya diperketat, jumlahnya sangat dibatasi, dan hanya bisa digunakan oleh segelintir orang.

Berdasarkan aturan terbaru, kode pelat nomor khusus diubah dari yang semula RF dan IR menjadi ZZ. Penggunanya juga dibatasi dan hanya boleh dipasang di kendaraan dinas milik pejabat eselon 1 serta eselon 2.

Selain itu, mobil dengan segmen MPV (Multi Purpose Vehicle) saat ini masih menjadi kendaraan keluarga yang paling diminati di pasaran otomotif Indonesia.

Hal ini terlihat dari berbagai produsen mobil di Tanah Air yang menyediakan varian MPV mereka dengan harga yang variatif dan juga kompetitif untuk para konsumennya.

Baca juga: Bahas Teknologi Hybrid pada Mitsubishi Xpander HEV

Berikut 5 artikel terpopuler di kanal otomotif pada Kamis, 1 Februari 2024: 

1. Ini Kasta Tertinggi Pelat Nomor Dewa, Jumlahnya Terbatas

Walaupun pelat ZZ sudah tergolong tinggi dan eksklusif karena hanya boleh digunakan pejabat, ternyata masih ada pelat nomor lain yang kedudukannya jauh lebih tinggi.

Pelat nomor yang dimaksud disebut pelat nomor rahasia, hanya boleh digunakan oleh tim-tim intelijen (intel) saat melakukan misi khusus dan terselubung, seperti pemberantasan terorisme atau narkoba.

Baca juga: Berkendara Saat Hujan, Ingat Cara Mengerem yang Benar dan Aman

2. Avanza Lawas Bekas Lebih Banyak Dicari Dibanding Model Baru

Peneyrahn delapan unit New Avanza VelozStanly Ravel Peneyrahn delapan unit New Avanza Veloz

Tidak hanya mobil baru, pasaran mobil bekas pun kerap menjadi sasaran untuk mendapatkan mobil pilihan mereka.

Selain karena harganya jauh lebih murah, modelnya juga lebih beragam berdasarkan tahun. Salah satu model yang banyak diminati oleh konsumen mobil bekas adalah Toyota Avanza lawas.

Baca juga: Avanza Lawas Bekas Lebih Banyak Dicari Dibanding Model Baru

3. Video Pengendara Motor Diduga Terobos Iring-iringan Jokowi

Video pengendara motor diduga terobos iring-iringan Jokowiinstagram.com/folkshitt Video pengendara motor diduga terobos iring-iringan Jokowi

Viral di media sosial video pengendara motor diduga nekat memotong iringan konvoi Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Yogyakarta.

Dalam tayangan yang diunggah oleh akun Instagram bernama @folkshitt, Rabu (31/1/2024), tampak pengendara motor nekat memotong laju ambulans yang diduga merupakan rombongan iring-iringan presiden Jokowi yang tengah kunjungan kerja ke Yogyakarta.

Baca juga: Video Pengendara Motor Diduga Terobos Iring-iringan Jokowi

4. Xpander dan Xpander Cross Hybrid Resmi Meluncur, Pakai Mesin Baru Dijual Rp 400 Jutaan

Xpander HEVYouTube Mitsubishi Motors Thailand Xpander HEV

Mitsubishi resmi meluncurkan Xpander hybrid dan Xpander Cross hybrid di Thailand, pada Kamis (1/2/2024). Peluncuran ini dilakukan secara world premier melalui akun YouTube Mitsubishi Motors Thailand.

Baca juga: Xpander dan Xpander Cross Hybrid Resmi Meluncur, Pakai Mesin Baru Dijual Rp 400 Jutaan

5. MotoGP Argentina 2024 Resmi Batal, Tanpa Ada Pengganti

Marco BezzecchiTwitter.com/@VR46RacingTeam Marco Bezzecchi

MotoGP 2024 terpaksa berkurang satu seri, karena MotoGP Argentina resmi dibatalkan. Padahal, Sirkuit Termas de Rio Hondo banyak menyajikan balapan yang seru.

Pihak FIM, IRTA, dan Dorna Sports mengkonfirmasi batalnya MotoGP Argentina 2024. Sirkuit Termas de Rio Hondo tadinya dijadwalkan menjadi seri ketiga yang akan digelar pada 5-7 April 2024.

Baca juga: MotoGP Argentina 2024 Resmi Batal, Tanpa Ada Pengganti

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com