Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berkendara Saat Hujan, Ingat Cara Mengerem yang Benar dan Aman

Kompas.com - 01/02/2024, 19:21 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kondisi cuaca saat ini di Jakarta dan sekitarnya kerap hujan saat sore hari. Hujannya cuma sebentar, tapi membuat jalanan basah dan licin.

Makanya buat pengendara motor, harus lebih hati-hati karena kondisi jalanan yang licin setelah hujan. Hal yang harus diperhatikan adalah cara mengerem harus diubah saat melintas di jalan basah dan kering.

Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani mengatakan, pengendara harus bisa menyesuaikan dengan situasi lingkungan saat berkendara.

Baca juga: Video Viral Sunroof Bocor Saat Hujan, Begini Cara Benar Merawatnya

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Dash Cam Owners Indonesia (@dashcam_owners_indonesia)

 

"Saat kondisi jalan basah, kekuatan rem depan harus dikurangi dibandingkan rem belakang. Namun sebaliknya bila jalan kering maka rem depan bisa digunakan lebih kuat agar lebih maksimal dalam melakukan pengereman,'' kata Agus kepada Kompas.com, Kamis (1/2/2024).

Alasannya, kalau rem depan terlalu kuat, maka titik beban akan pindah ke depan dan berisiko selip. Kalau roda depan yang selip, maka keseimbangan motor sangat mudah hilang dan akhirnya terjatuh.

Baca juga: Banyak Pemotor yang Lawan Arah di Jalan Djuanda Bogor

"Tips lainnya adalah dengan menjaga jarak aman dengan kendaraan di depan, supaya bisa melakukan pengereman dengan lebih aman," kata Agus.

Selain itu pengendara motor yang berkendara saat hujan kadang kurang konsentrasi atau fokus. Penyebabnya adalah pemakaian jas hujan yang bisa mengganggu ruang gerak, jadi lebih terbatas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com