Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Semua Jaguar Lawas Tua Murah, Tahun 1997 Masih Rp 400 Jutaan

Kompas.com - 01/02/2024, 18:41 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Harga mobil Jaguar S-Type dan X-Type model lawas tahun 2000'an saat ini disebut sudah murah. Buat penyuka mobil Eropa dengan gaya yang lebih klasik bisa melirik mobil asal Inggris tersebut.

Aim Prihandi, pemilik bengkel Mega Auto Indo, spesialis mobil Jaguar-Land Rover, di Pasar Mobil Kemayoran, mengatakan, harga S-Type tahun tua sudah murah bahkan ada yang buka harga Rp 90 jutaan.

Baca juga: Bahas Teknologi Hybrid pada Mitsubishi Xpander HEV

"Tapi walau begitu harga Jaguar itu sebetulnya tidak jelas. Seperti ada Jaguar simpanan yang tidak pernah dipakai. Kilometernya tahun 2000 masih 20.000 Km harganya pasti tinggi," kata Aim kepada Kompas.com, belum lama ini.

Bengkel spesialis Jaguar-Land Rover, Mega Auto Indo di Pasar Mobil Kemayoran.KOMPAS.com/Gilang Bengkel spesialis Jaguar-Land Rover, Mega Auto Indo di Pasar Mobil Kemayoran.

Meski harga Jaguar S-Type dan X-Type disebut sudah turun, Aim mengatakan ada Jaguar tipe yang lebih lama lagi yang harganya tidak pernah turun, yaitu Jaguar Daimler tahun 1997.

"Daimler ini dipakai buat KTT saat ini harganya masih Rp 400 jutaan," kata Aim

Aim mengatakan, keunggulan Jaguar Daimler ialah punya bentuk yang klasik. Kemudian di Indonesia populasinya sedikit sehingga dari awal mobil ini masuk dalam incaran para kolektor.

Baca juga: Ada Tetesan Air di Kolong Mobil, Apa Penyebabnya?

"Karena dia populasinya sedikit, jumlahnya jarang. Beda sama S-Type dan X-Type waktu saya masih (kerja) di diler di showrrom itu jualan bayak, laris," ujarnya.

Jaguar DaimlerFoto: squarespace.com Jaguar Daimler

Aim menjelaskan, Jaguar Daimler mirip dengan Jaguar XJ6. Perbedaannya terletak di bagian interior yang lebih mewah.

"Bedanya Daimler dan XJ6 itu lebih banyak aksen kayu di bagian interior, trimnya lebih bagus dan dan mewah. Mesin sama XJ6 tahun sama 97 mesin 4.000 cc, ada dua model yang V6 sama inline 8-silinder," ujar dia.

Jaguar Daimler punya nama asli Daimler Sovereign, merupakan sub merek mewahnya Jaguar Cars. Mobil ini memakai bodi, sasis dan mesin dari Jaguar tapi memakai logo Daimler dan harganya lebih mahal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com