Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rahasia Desain Spoiler Motor Balap Aprilia RS-GP di MotoGP

Kompas.com - 10/01/2024, 19:01 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

Sumber Crash.net


JAKARTA, KOMPAS.com - Meski pengembangan motornya masih di bawah Ducati dan KTM, performa motor Aprilia RS-GP meningkat tajam pada musim 2022 dan 2023. Tahun lalu Aprilia RS-GP bahkan bisa tiga kali podium.

Manajer tim Aprilia Paolo Bonora menjelaskan ada beberapa teknologi canggih yang digunakan pada RS-GP, salah satunya ialah aerobody yang terinspirasi dari Formula 1 alias F1.

Baca juga: Diskon Motor Honda di Awal 2024, Tembus Rp 5 Juta

Di bawah kepemimpinan direktur teknis Romano Albesiano, yang punya spesialisasi dalam aerodinamika, Aprilia menggunakan teknologi 'S-Duct' dari F1.

Aprilia RS-GP untuk musim 2023Dok. MotoGP Aprilia RS-GP untuk musim 2023

Teknologi 'S-Duct' melibatkan celah kecil yang menarik sebagian udara turbulen atau sering disebut udara kotor yang tidak diinginkan yang melewati permukaan sayap, dan mengalihkannya melalui bodywork sebelum mengalirkannya ke belakang.

“Kami telah mengerjakan efisiensi spoiler (depan), tapi saya tidak bisa memberi tahu Anda lebih dari itu. Inspirasi kami datang dari F1 dan sistem 'S-Duct',” kata Bonora.

“Ini menarik bagi banyak orang (dari tim rival) di pit lane, mengingat cara mereka memandang bagian mesin kami ini. Di area fairing, kami juga membuat terobosan baru di Sachsenring pada tahun 2022, dengan versi pertama yang melengkung di bagian samping,” katanya.

Baca juga: Beredar Sasis Tronton Bus PO ALS, Ternyata Cuma Editan

Aprilia RS-GP untuk musim 2023Dok. MotoGP Aprilia RS-GP untuk musim 2023

Sisi fairing yang melengkung biasanya disebut sebagai ground effect. Sesuai namanya spoiler di bagian ini membantu daya tekan motor ke tanah.

“Ya, itu ide lain dari F1. Tetapi ketika Anda melihat sepeda motor di tikungan, Anda menyadari bahwa mengubah (konsep) itu mudah," ujarnya.

"Kami adalah orang pertama yang menggunakannya dengan cara ini, setelah mempelajari bentuk sisi fairing kami dengan sangat teliti. Kami memastikan di terowongan angin bahwa itu efektif dalam hal downforce,” kata Bonora.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com