Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemilik Avanza dan Xenia Banyak yang Doyan Main Ceper

Kompas.com - 09/01/2024, 15:41 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Modifikasi mobil saat ini menjadi hal yang lumrah dilakukan oleh pemilik kendaraan roda empat.

Ubahan yang dilakukan pada kendaraan pun beragam, mulai dari yang ringan seperti menambahkan aksesori untuk mempercantik tampilan, memasang audio, hingga yang ekstrem seperti upgrade mesin.

Tak terkecuali bagi pemilik Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia yang tergabung dalam komunitas AvanzaXenia Indonesia Club (AXIC).

Devall, Ketua Umum AXIC mengatakan, modifikasi yang dilakukan oleh pemilik Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia cukup beragam, mulai dari audio, too damn low dan lain-lain.

Baca juga: Video Viral Ambulans Naik Truk Nyalakan Sirine, Ini yang Terjadi

“Saat ini AXIC (kebanyakan) aliran modifikasinya pakai yang low (ceper) dan dibuat balap mobilnya,” ucap Devall kepada Kompas.com, Selasa (9/1/2024).

Menurut Devall, untuk mendapat lowering kit cara yang dilakukan komunitas cukup beragam mulai dari potong per hingga menggunakan suspensi udara (air suspension).

Per mobil aftermarket (kiri) dan orisinil (kanan)Kompas.com/Daafa Alhaqqy Per mobil aftermarket (kiri) dan orisinil (kanan)

“Air suspension lebih kepada mereka yang punya budget, kalau dananya pas-pasan dipotong saja pakai per,” kata Devall.

Untuk mendapat tampilan yang ceper memang bisa dilakukan dengan berbagai cara mulai dari potong per, menggunakan per aftermarket, hingga memasang suspensi udara.

Cara yang paling terjangkau untuk mendapatkan tampilan ceper adalah dengan potong per. Konsumen bisa bebas melakukan permintaan soal seberapa ceper modifikasi yang dilakukan.

Baca juga: Peluncuran Polytron T-Rex Ditunda, Masih Pilih Spesifikasi yang Pas

“Untuk biaya tergantung jenis mobilnya, cuma untuk biaya terendah kita patok mulai dari Rp 400.000 sudah terima jadi,” ucap Wawan Gunawan, salah satu pemilik bengkel Laksana Per.

Sedangkan untuk per aftermarket pemilik kendaraan bisa menyiapkan dana mulai dari Rp 3 juta sampai Rp 5 juta. Sementara untuk memasang suspensi udara, bisa siapkan dana mulai Rp 20 juta sampai Rp 50 jutaan.

Harga tersebut hanya kisaran saja, tergantung dari jenis mobil dan kesulitan pengerjaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com