Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polytron Pede Jual Motor Listrik Tanpa Baterai, Pakai Sistem Sewa

Kompas.com - 09/01/2024, 11:02 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Polytron menjual motor listrik dengan harga yang cukup terjangkau. Seperti yang baru saja meluncur yakni Fox S, dijual Rp 9 juta off the road, belum termasuk baterai.

Sistem sewa dipilih Polytron buat menjual motornya. Jadi ketika beli Fox S, baterainya disewa dengan harga Rp 125.000 setiap bulannya, sedangkan Fox R yang baterainya lebih besar sewanya Rp 200.000 per bulan.

Tekno Wibowo, Commercial Director Polytron mengatakan, pihaknya percaya diri dengan skema sewa baterai. Selain itu, sampai saat ini belum terpikir juga untuk ikut model tukar baterai mandiri atau swap.

Baca juga: Polytron Buka Showroom Motor Listrik Baru di PIK 2

Polytron ikut memeriahkan ajang Indonesia Motorcycle Show (IMOS+) 2023, di ICE BSD City, Tangerang, dengan memperkenalkan program sewa baterai untuk motor listrik Fox-R.KOMPAS.com/Gilang Polytron ikut memeriahkan ajang Indonesia Motorcycle Show (IMOS+) 2023, di ICE BSD City, Tangerang, dengan memperkenalkan program sewa baterai untuk motor listrik Fox-R.

"Swap sudah pasti enggak, karena baterainya sudah tertanam, mempertimbangkan safety," kata Tekno di Jakarta, Senin (8/1/2024).

Tekno melihat karakter konsumen motor listrik Polytron kebanyakan mengecas di rumah. Selain itu, dari  pengalaman menjual Fox R, 98 persen pakai sistem sewa baterai, sedikit yang membeli baterai sendiri.

"Kita cukup yakin dan nyaman dengan bisnis model yang sekarang. Hasilnya cukup diterima oleh konsumen dan rasanya akan tetap menjalankan," ucap Tekno.

Baca juga: Segini Biaya Perbaikan Plafon Mobil


Fox R sendiri sampai 2023 sudah terjual sekitar 6.000 unit. Target buat Fox S yang lebih murah harganya adalah dua kali lipat dari itu. Jadi per tahun ditargetkan Polytron menjual 40.000 Fox R dan Fox S.

Sistem sewa baterai ini dibayarkan lewat aplikasi yang terhubung dengan motor. Setiap bulan akan keluar tagihan berupa virtual account jadi tinggal dibayarkan saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com