Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PO Bintang Utara Putra Rilis 2 Unit Bus Baru Pakai Sasis Tronton

Kompas.com - 07/01/2024, 09:21 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan otobus (PO) Bintang Utara Putra merilis dua unit bus baru dengan visual dan spek gahar. Kedua unit bus tersebut tampil gagah digendong oleh sasis model tronton dari Volvo B11R-450HP Euro 5. 

Volvo B11R merupakan salah satu sasis premium yang dilengkapi mesin Volvo D11 enam silinder segaris diesel. Tipe mesin belakang ini menghasilkan 450 TK dan torsi 2.150 Nm.

Guna memenuhi standar emisi Euro 5, mesin Volvo D11 dipasang lagi dengan Selective Catalytic Reduction (SCR). Secara sederhana, SCR menggunakan cairan AdBlue atau urea untuk mengurangi emisi gas buang.

Jadi pada asap yang keluar dari ruang mesin, disemprotkan dengan AdBlue sehingga kadar Nox turun dan sesuai dengan standar.

Baca juga: Bus Haryanto Tabrak Pajero Sport, Tanda Pengemudi Tidak Berkompeten

Bus baru PO Bintang Utara PutraInstagram @setyajiwo Bus baru PO Bintang Utara Putra

Bus tetap mempertahankan ciri khas desain unit milik perusahaan yakni kelir dasar hitam kombinasi merah serta gambar bintang-bintang.

Baca juga: Satu-satunya Mekanik Marc Marquez yang Ikut dari Honda ke Ducati

Masing-masing diberikan nama Laksmana dan Rahwanan. Berdasarkan tulisan yang disematkan pada kaca bus, kedua unit kendaraan anyar tersebut akan diperuntukkan sebagai layanan bus AKAP kelas super VIP. Namun belum diketahui akann digunakan untuk melayani trayek mana. 

Kemudian pihak PO  juga masih merahasiakan tampilan desain kabin bus seperti apa. Oleh karena itu belum diketahui susunan bangku dan tampilan interior bus. Secara spesifikasi bus dibalut oleh bodi Jetbus 5 SHD buatan Karoseri Adiputro.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com