Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

PO Bintang Utara Putra Rilis 2 Unit Bus Baru Pakai Sasis Tronton

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan otobus (PO) Bintang Utara Putra merilis dua unit bus baru dengan visual dan spek gahar. Kedua unit bus tersebut tampil gagah digendong oleh sasis model tronton dari Volvo B11R-450HP Euro 5. 

Volvo B11R merupakan salah satu sasis premium yang dilengkapi mesin Volvo D11 enam silinder segaris diesel. Tipe mesin belakang ini menghasilkan 450 TK dan torsi 2.150 Nm.

Guna memenuhi standar emisi Euro 5, mesin Volvo D11 dipasang lagi dengan Selective Catalytic Reduction (SCR). Secara sederhana, SCR menggunakan cairan AdBlue atau urea untuk mengurangi emisi gas buang.

Jadi pada asap yang keluar dari ruang mesin, disemprotkan dengan AdBlue sehingga kadar Nox turun dan sesuai dengan standar.

Bus tetap mempertahankan ciri khas desain unit milik perusahaan yakni kelir dasar hitam kombinasi merah serta gambar bintang-bintang.

Masing-masing diberikan nama Laksmana dan Rahwanan. Berdasarkan tulisan yang disematkan pada kaca bus, kedua unit kendaraan anyar tersebut akan diperuntukkan sebagai layanan bus AKAP kelas super VIP. Namun belum diketahui akann digunakan untuk melayani trayek mana. 

Kemudian pihak PO  juga masih merahasiakan tampilan desain kabin bus seperti apa. Oleh karena itu belum diketahui susunan bangku dan tampilan interior bus. Secara spesifikasi bus dibalut oleh bodi Jetbus 5 SHD buatan Karoseri Adiputro.

https://otomotif.kompas.com/read/2024/01/07/092100715/po-bintang-utara-putra-rilis-2-unit-bus-baru-pakai-sasis-tronton

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke