Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sulitnya Cari Jaket yang Bisa Melindungi Leher dari Lilitan Kabel Fiber Optik

Kompas.com - 06/01/2024, 17:02 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Belum lama ini kejadian pengendara motor lehernya terlilit kabel fiber optik. Pengendaranya tidak sadar, baru setelah jalan cukup jauh, lehernnya seperti tercekik dan meninggalkan bekas luka.

Kejadian pengendara yang terlilit kabel baik fiber optik atau sebagainya memang sering terjadi. Salah satu cara buat menghindarinya adalah dengan memakai jaket yang modelnya menutup leher.

Cuma sayangnya, tidak begitu banyak produsen jaket yang membuat model sampai melindungi leher bagian depan. Seperti yang dikatakan Danis, Store Manager Casco Motoworld, belum ada jaket yang modelnya begitu.

Baca juga: Cuaca Panas, Pengendara Motor Dianjurkan Pakai Jaket Jenis Ini

Tips memilih jaket motor untuk berkendara, bisa bikin touring lebih aman dan nyaman Kompas.com/Daafa Alhaqqy Tips memilih jaket motor untuk berkendara, bisa bikin touring lebih aman dan nyaman

"Untuk jaket motor itu enggak ada yang sampai melindungi leher. Bahkan di MotoGP dan Touring, enggak ada yang sampai memproteksi leher," kata Danis kepada Kompas.com, Sabtu (6/1/2024).

Cuma ada satu merek Jepang yakni Komine yang membuat neck protector, pelindung leher. Cuma pelindung tersebut lebih menutup bagian belakang, bukan depan.

"Jadi kalau kecelakaan, bagian lehernya terlindungi," kata Danis.

Baca juga: Begini Cara Mengerem yang Benar Agar Ban Motor Tidak Selip di Jalan Basah


Jadi pilihannya paling mencari jaket di luar model untuk berkendara, yang memang lehernya cukup tinggi. Lalu bisa juga dengan memakai buff atau balaclava, tapi perlindungannya tetap tidak maskimal kalau terlilit kabel fiber optik.

"Enggak akan ngaruh kalau kenanya fiber optik, kecuali kalau kayak benang layangan (lebih aman)," kata Danis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com