Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pikap Listrik Tesla Cybertruck Bisa Jadi Kendaraan Amfibi

Kompas.com - 23/12/2023, 13:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tesla Cybertruck tidak hanya sekadar transportasi darat. Belum lama ini, mobil niaga listrik itu disebut-sebut bisa jadi kendaraan amfibi.

Dikutip dari Drive.com.au, Sabtu (23/12/2023), CEO Tesla Elon Musk, telah mengumumkan bahwa perusahaannya sedang mengerjakan paket opsional untuk pikap listrik Cybertruck yang memungkinkan melintasi perairan setidaknya 100 meter sebagai perahu.

Baca juga: Tesla Cybertruck Tampil Makin Garang dengan Warna Hitam Dof

Pada September 2022, Musk bahkan dengan berani mengeklaim Cybertruck akan cukup tahan air untuk menjadi amfibi, dan akan dapat menyeberangi sungai, danau, dan bahkan laut yang tidak terlalu berombak.

Tesla Cybertruck dilapisi sticker vinyl hitam dofDok. Carscoops.com Tesla Cybertruck dilapisi sticker vinyl hitam dof

Sekarang, Musk mengklarifikasi, Tesla sedang mengerjakan paket modifikasi agar Cybertruck dapat melintasi air setinggi 100 meter, dan menambahkan bahwa yang diperlukan hanyalah peningkatan pada segel pintu kabin.

"Kami akan menawarkan paket mod yang memungkinkan Cybertruck untuk melintasi setidaknya 100 meter air sebagai perahu. Sebagian besar hanya perlu meng-upgrade segel pintu kabin," ujar Musk, dalam unggahan di media sosialnya.

Baca juga: Modifikasi Tesla Cybertruck, Ceper Pakai Wide Body

Pikap listrik ini diyakini terbuat dari panel baja tahan karat yang dapat menahan peluru subsonik dengan berat antara 3.026 hingga 3.125 kilogram.

Tesla CybertruckDok. Tesla Tesla Cybertruck

Klaim ini muncul setelah Wakil Presiden Teknik Kendaraan Tesla Lars Moravy mengatakan, dalam sebuah episode Jay Leno's Garage.

"Kendaraan ini hampir mengapung, mungkin Anda harus menambahkan sedikit daya apung ekstra, hanya untuk mempertahankannya Dan, Anda tahu, jika Anda kreatif, dan Anda mau, Anda bisa menemukan cara untuk memasang motor tempel di atasnya," kata Moravy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com