Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lalu Lintas Tol Jakarta-Cikampek Mulai Padat, Contraflow Diberlakukan

Kompas.com - 23/12/2023, 10:22 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Arus pertama mudik liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru) sudah berlangsung, tepatnya sejak Jumat (22/12/2023).

Untuk mengamankan agenda tahunan ini, pihak Korps Lalu Lintas (Korlantas Polri) akan melakukan tindakan pengamanan khusus bernama Operasi Lilin 2023.

Satu upaya yang dilakukan oleh pihak Korlantas Polri adalah memberlakukan rekayasa lalu lintas di beberapa titik tertentu, untuk memecah kepadatan arus dan mencegah terjadinya penumpukan kendaraan.

Terbaru, pihak Korlantas akan menerapkan sistem contraflow, alias pengaturan lalu lintas yang mengubah arah laju kendaraan berlawanan dari arah normal.

Baca juga: Jadi Pebalap Paling Tua di MotoGP, Aleix Espargaro Tolak Pensiun

Pemberlakuan sistem Contraflow di Tol Jakarta CikampekTangkapan layar Instagram Pemberlakuan sistem Contraflow di Tol Jakarta Cikampek

Sistem contraflow akan diberlakukan di Tol Cikampek Km 36 ke Km 47. Informasi ini sebagaimana disampaikan akun resmi Instagram @ntmc_polri.

Lalu, contraflow diperpanjang dari Km 36 ke Km 47, menggunakan 1 lajur, dan penambahan 1 lajur dari km 47 sampai km 65,” tulis akun resmi, dikutip Kompas.com, Sabtu (23/12/2023).

Menyikapi adanya penerapan aturan khusus ini, pengguna mobil yang melakukan mudik diimbau berhati-hati dan menaati aturan.

“Pelaksanaan contraflow bersifat situasional sesuai dengan diskresi Kepolisian,” tulis akun NTMC.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com