Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tesla Cybertruck Resmi Meluncur, Jarak Tempuh 547 Km dan Tenaga 845 HP

Kompas.com - 02/12/2023, 17:22 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tesla sudah memperkenalkan Cybertruck sejak 2019, tapi peluncurannya baru resmi dilakukan pada 2023.

Secara spesifikasi, cukup menakjubkan dengan jarak tempuh mencapai 547 kilometer (km) dan tenaganya 845 tk.

Mengutip dari Headlightmag.com, Sabtu (2/12/2023), permukaan eksterior terbuat dari paduan super baja tahan karat, yang mengubah penggunaan kendaraan dan perbaikan permukaan bodi.

Dengan kemampuan menahan benturan dari benda-benda umum, membuat deformasi permukaannya berbeda dengan bahan baja biasa. Bahkan, bodinya diklaim kuat menahan peluru kaliber 45.

Tesla CybertruckDok. Tesla Tesla Cybertruck

Baca juga: Bocoran Interior Tesla Cybertruck, Desain Kabin Minimalis

Selain itu, Cybertruck juga dilengkapi dengan bak yang cukup lebar dan kemampuan untuk menarik lebih dari 5 ton.

Hal ini dapat dilakukan dalam model Tri-motor atau Cyberbeast. Tesla mengeklaim bahwa mobil ini dapat mengalahkan truk pikap mana pun di pasar.

Tesla CybertruckDok. Tesla Tesla Cybertruck

Tesla menawarkan Cybertruck dengan motor listrik tunggal, ganda, dan tiga motor listrik. Motor listrik tunggal dengan sistem penggerak roda belakang memiliki jarak tempuh 402 km. Kemampuan akselerasinya untuk 0-96 kilometer per jam, dapat diraih dalam 6,5 detik.

Untuk sistem penggerak semua roda, tenaganya mencapai 600 Tk dan memiliki jarak tempuh hingga 547 km. Kemampuan akselerasinya untuk 0-96 kilometer per jam dapat dicapai dalam 4,1 detik.

Sedangkan kecepatan maksimumnya, diklaim tembus 180 kpj. Kemampuan untuk menarik hingga 4.989 kg dan dapat mengangkut beban hingga 1.1 ton.

Tesla CybertruckDok. Tesla Tesla Cybertruck

Baca juga: Tesla Cybertruck Resmi Diproduksi Massal, Sudah Antre 1 Juta Pembeli

Model tertinggi disebut dengan Cyberbeast, yang tenaganya mencapai 845 tk. Kemampuan akselerasi untuk 0-96 kilometer per jam, tuntas diraih dalam 2,6 detik, dengan kecepatan maksimum 209 kpj. Tapi, jarak tempuhnya hanya 512 km.

Tesla CybertruckDok. Tesla Tesla Cybertruck

Cybertruck juga dibekali dengan teknologi steer-by-wire. Selain itu, untuk meningkatkan kenyamanan berkendara di segala kondisi, kaki-kakinya dilengkapi dengan sistem suspensi adaptif.

Terdapat fitur vehicle-to-load juga yang dapat mengalirkan listrik 48V untuk berbagai perangkat listrik. Terkait harga, truk listrik ini akan dibanderol mulai 60.990 dolar AS atau sekitar Rp 941 jutaan, untuk tipe RWD.

Sedangkan tipe AWD, harganya mulai 79.990 dolar AS atau sekitar Rp 1,2 miliar. Lalu, tipe Cyberbeast dipasarkan mulai 99.990 dolar AS atau sekitar Rp 1,5 miliar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com