Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tol Cijago Seksi 3B Dibuka Saat Libur Natal dan Tahun Baru 2024

Kompas.com - 07/12/2023, 14:25 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memastikan kesiapan jalan tol untuk mendukung kelancaran arus lalu lintas saat libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru) mendatang.

Salah satu ruas tol yang akan dioperasikan libur Nataru nanti adalah Tol Cinere-Jagorawi (Cijago) Seksi 3B yang baru saja rampung. Alhasil, Tol Cijago telah rampung, menghubungkan Jagorawi dengan Cinere sepanjang 14,64 Km.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, jalan tol yang siap digunakan mendukung libur Nataru sebenarnya sepanjang 2.816 Km dan dilengkapi fasilitas Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) sebanyak 132 TIP.

Baca juga: Semua Ruas Tersambung, Tol Cijago Seksi 3B Masih Belum Beroperasi

Jalan Tol Cinere-Jagorawi (Cijago) Seksi 3B Junction Krukut-Cinere.Dok. BPJT Jalan Tol Cinere-Jagorawi (Cijago) Seksi 3B Junction Krukut-Cinere.

"Pembangunan jalan tol baru hingga akhir tahun 2023 ditargetkan sepanjang 410 km. Sampai November 2023, jalan tol yang sudah dioperasikan sepanjang 218 km, sisanya sepanjang 192 km akan dapat dioperasikan atau difungsikan pada Natal 2023 dan Tahun Baru 2024," kata Basuki dalam siaran resmi belum lama ini.

Secara rinci, jalan tol Cijago yang operasional adalah Seksi 3A Kukusan-Jc.Krukut dan Ramp 4,5 JC Krukut sepanjang 3,5 Km dan Seksi 3B JC Krukut-Cinere sepanjang 2,2 Km.

"Kami akan terus berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan, Korlantas, dan Kementerian atau Lembaga lain untuk mengoptimalkan pemanfaatan sarana yang telah kita siapkan demi kelancaran arus lalu lintas Nataru," kata Basuki.

Baca juga: Simak Skema Cicilan Chery Omoda 5 GT AWD


Redaksi Kompas.com sudah mencoba langsung Tol Cijago dengan masuk dari sisi Timur belum lama ini. Tepatnya dari Jalan Tol Jakarta-Bogor-Ciawi (Jagorawi), yang berpotongan dengan Junction Cimanggis dan Tol Cimanggis-Cibitung.

Kebetulan kondisi lalu lintas lancar dan kecepatan rata-rata 100 kpj, hanya membutuhkan waktu sekitar 10 menit untuk sampai ke Gerbang Tol Krukut Junction, yang tersambung dengan Tol Depok-Antasari (Desari).

Sayangnya saat itu kami coba, ruas tol Cijago Seksi 3B, masih belum beroperasi. Namun, pengoperasiannya disebutkan akan dilakukan dalam waktu dekat, kemungkinan saat libur Nataru mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com