Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Semua Ruas Tersambung, Tol Cijago Seksi 3B Masih Belum Beroperasi

Kompas.com - 23/11/2023, 09:32 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Beberapa hari yang lalu, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) mengumumkan bahwa seluruh ruas Jalan Tol Cinere-Jagorawi (Cijago) sudah tersambung. Namun, masih belum semuanya beroperasi.

Ruas tol yang baru selesai dikerjakan adalah Seksi 3B, yang menghubungkan Krukut Junction dengan Limo. Tol sepanjang 2,19 km ini baru saja lulus Uji Laik Fungsi dan mendapat Sertifikat Laik Operasi dari Direktur Jenderal Bina Marga.

Baca juga: Tol Cijago Telah Rampung, Total Panjang 14,64 Km

Selain itu, Menteri PUPR juga sudah menerbitkan SK penetapan operasi berdasarkan Keputusan Menteri PUPR Nomor 1402/KPTS/M/2023 tentang Penetapan Pengoperasian Jalan Tol Cinere–Jagorawi Seksi 3 B (Junction Krukut–Cinere) tertanggal 2 Oktober 2023.

Redaksi Kompas.com sudah mencoba langsung Tol Cijago dengan masuk dari sisi Timur. Tepatnya dari Jalan Tol Jakarta-Bogor-Ciawi (Jagorawi), yang berpotongan dengan Junction Cimanggis dan Tol Cimanggis-Cibitung.

Dengan kondisi lalu lintas yang lancar dan kecepatan rata-rata 100 kilometer per jam, hanya membutuhkan waktu sekitar 10 menit untuk sampai ke Gerbang Tol Krukut Junction, yang tersambung dengan Tol Depok-Antasari (Desari).

Baca juga: Kecelakaan Perdana di Tol Cijago Seksi 3A, Jangan Terlena di Jalan Tol

Sementara, dari Krukut Junction-Limo atau ruas Cijago Seksi 3B, masih belum beroperasi. Namun, pengoperasiannya disebutkan akan dilakukan dalam waktu dekat.

Gerbang Tol Limo Utama di ruas Jalan Tol Cinere-Jagorawi (Cijago) Seksi 3B.Dok. Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR Gerbang Tol Limo Utama di ruas Jalan Tol Cinere-Jagorawi (Cijago) Seksi 3B.

"Jalan Tol Cijago Seksi 3B akan dioperasikan dalam waktu dekat. Saat ini, masih dalam proses pembahasan sistem pengoperasian," ujar Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Miftachul Munir, saat dihubungi Kompas.com, Rabu (22/11/2023).

Untuk diketahui, ruas tol Cijago Seksi 3B nantinya juga akan tersambung dengan tol Serpong-Cinere. Sehingga, pengendara dari Bogor atau Depok akan lebih bisa menghemat waktu untuk menuju ke Serpong.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com