Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tol Cijago Telah Rampung, Total Panjang 14,64 Km

Kompas.com - 19/11/2023, 07:01 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) telah menyelesaikan seluruh ruas Jalan Tol Cinere-Jagorawi (Cijago) sepanjang 14,64 km.

Tol Cijago merupakan bagian dari jaringan tol lingkar dalam kota dan lingkar luar (Jakarta Outer Ring Road/JORR) 2.

Ruas tol ini diharapkan semakin meningkatkan konektivitas antarwilayah dan pertumbuhan ekonomi kawasan Jabodetabek, juga akan mengurai kepadatan arus lalu lintas, khususnya di Kota Depok.

Baca juga: Cara ke Bandara Soekarno-Hatta Diantar Pakai Hyundai Palisade

Tol Cijago telah tersambung seluruhnya sepanjang 14,64 KmDok. Kementerian PUPR Tol Cijago telah tersambung seluruhnya sepanjang 14,64 Km

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, peningkatan aksesibilitas serta konektivitas jaringan infrastruktur jalan tol untuk memberikan kelancaran, keselamatan, keamanan, juga kenyamanan perjalanan.

“Akses jalan yang semakin baik akan menunjang perekonomian masyarakat di kawasan sekitar,” ujar Basuki, dalam keterangan resmi, Sabtu (18/11/2023).

Pembangunan Tol Cijago dilaksanakan Kementerian PUPR bersama BUJT PT Translingkar Kita Jaya secara bertahap dalam 3 seksi.

Baca juga: Naik Garuda Indonesia Bisa Diantar ke Bandara Pakai Hyundai Palisade

Dimulai dari Seksi 1 (Jagorawi–Raya Bogor) sepanjang 3,70 km (termasuk Junction Cimanggis) telah beroperasi sejak 2012.

Kemudian, Seksi 2 (Raya Bogor-Kukusan) sepanjang 5,50 km telah beroperasi sejak November 2019, dan Seksi 3 yang terbagi menjadi dua bagian.

Pertama 3A (Kukusan–Junction Krukut) sepanjang 3,50 km telah beroperasi akhir 2022, dan kedua Seksi 3B (Junction Krukut-Limo) sepanjang 2,19 km.

Baca juga: Diskon Chery Tiggo Jelang Akhir Tahun Tembus Rp 50 Juta

Proyek pembangunan Jalan Tol Cinere-Jagorawi (Cijago) Seksi 3A Kukusan-Krukut, Sabtu (10/12/2022). Ruas tol ini akan digunakan secara fungsional jelang libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru) mendatang.KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Proyek pembangunan Jalan Tol Cinere-Jagorawi (Cijago) Seksi 3A Kukusan-Krukut, Sabtu (10/12/2022). Ruas tol ini akan digunakan secara fungsional jelang libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru) mendatang.

Dengan selesainya konstruksi Tol Cijago Seksi 3 B, maka seluruh ruas Tol Cinere-Jagorawi telah tersambung.

Sehingga dapat melengkapi struktur jaringan jalan di kawasan Jabodetabek, yang telah memiliki jaringan tol lingkar dalam kota dan lingkar luar (JORR-I) yang sudah operasional dan JORR-2 dengan terhubung pada beberapa ruas tol.

Untuk diketahui, Jalan Tol Cijago menghubungkan Jalan Tol Jakarta-Bogor-Ciawi (Jagorawi) yang berpotongan pada Junction Cimanggis dan Tol Cimanggis-Cibitung untuk di sisi Timur.

Baca juga: Alasan PO Primajasa Tidak Pakai Bus Tingkat

Gerbang Tol Limo Utama di ruas Jalan Tol Cinere-Jagorawi (Cijago) Seksi 3B.Dok. Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR Gerbang Tol Limo Utama di ruas Jalan Tol Cinere-Jagorawi (Cijago) Seksi 3B.

Selanjutnya di barat terhubung dengan Tol Cinere-Jagorawi menuju ke Blok M ataupun Sawangan (Jalan Tol Depok–Antasari yang berpotongan pada Junction Krukut), serta menuju Bandara Soekarno Hatta melalui Tol Cinere-Serpong, Tol Serpong-Kunciran, dan Tol Kunciran-Bandara Soekarno Hatta.

Selain untuk memangkas waktu tempuh berkendara yang semakin lebih cepat, kehadiran Tol Cijago juga menjadi salah satu solusi mengurangi kepadatan lalu lintas.

Khususnya dari Kota Depok yang menuju Bandara Soekarno Hatta tanpa harus melalui Tol Dalam Kota Jakarta atau mengarah ke Bogor karena langsung terhubung dengan Tol Jagorawi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com