Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Curhat Quartararo, Pesimis Raih Gelar Juara Dunia Sejak Awal Seri

Kompas.com - 05/12/2023, 18:21 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Performa Fabio Quartararo musim lalu dengan musim ini berbanding sangat jauh. Musim lalu, dia masih jadi penantang gelar juara dunia MotoGP.

Musim ini, pebalap andalan tim pabrikan Yamaha ini sangat jarang terlihat di barisan depan. Quartararo kesulitan untuk membawa YZR-M1 bersaing dengan pabrikan Eropa, seperti Ducati, Aprilia, dan KTM.

Baca juga: Quartararo Belum Puas dengan Hasil Tes Motor Yamaha di Valencia

Quartararo mengatakan, sejujurnya dia merasa sejak seri pertama sudah pesimistis soal gelar juara dunia MotoGP. Menurutnya, itu di luar jangkauan.

Fabio Quartararo saat menjalani latihan bebas MotoGP Amerika 2023 di Circuit of The Americas (COTA), Texas, Austin, Jumat (14/4/2023). Fabio Quartararo crash saat Sprint Race MotoGP Amerika 2023 dan terlempar dari 10 besar klasemen MotoGP 2023. (Foto oleh Mirco Lazzari gp / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / Getty Images via AFP)MIRCO LAZZARI GP/Getty Images via AFP Fabio Quartararo saat menjalani latihan bebas MotoGP Amerika 2023 di Circuit of The Americas (COTA), Texas, Austin, Jumat (14/4/2023). Fabio Quartararo crash saat Sprint Race MotoGP Amerika 2023 dan terlempar dari 10 besar klasemen MotoGP 2023. (Foto oleh Mirco Lazzari gp / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / Getty Images via AFP)

"Bahkan, tahun lalu saya tidak menyangka bisa bersaing, tapi tentu saja sebagai pebalap ekspektasi sangat tinggi, untuk tidak menyerah di setiap situasi. Paruh pertama musim hingga pertengahan sangat sulit, karena saya tidak pernah menyangka situasi yang saya alami," ujar Quartararo, dikutip dari Motorsport.com, Selasa (5/12/2023).

"Jelas finis di urutan ke-10, urutan ke-17, bahkan urutan ketujuh kadang-kadang, saya selalu frustrasi dan tidak pernah senang dengan posisi saya," kata Quartararo.

Baca juga: Quartararo Kecewa Dapat Denda Rp 16,7 Juta dari Race Direction

Quartararo menambahkan, terkadang dia membalap dengan sangat baik. Tapi, itulah potensi yang dia miliki di musim ini. Jadi, dia harus menerimanya dengan lapang dada.

Pebalap Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo, saat beraksi pada Free Practice 1 MotoGP Catalunya 2023 di Circuit de Barcelona-Catalunya, Montmelo, Jumat (1/9/2023). Artikel ini berisi jadwal MotoGP Catalunya 2023. (Photo by Josep LAGO / AFP)AFP/JOSEP LAGO Pebalap Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo, saat beraksi pada Free Practice 1 MotoGP Catalunya 2023 di Circuit de Barcelona-Catalunya, Montmelo, Jumat (1/9/2023). Artikel ini berisi jadwal MotoGP Catalunya 2023. (Photo by Josep LAGO / AFP)

"Tapi paruh kedua musim ini jauh lebih baik, saya hanya memberikan seratus persen kemampuan saya dan hanya itu. Tapi sebagai seorang pebalap, itu sangat sulit bagi saya, paruh pertama musim ini," ujarnya.

Musim lalu, Quartararo hanya tertinggal 17 poin dari Francesco Bagnaia yang menjadi juara dunia. Tapi, musim ini selisihnya bisa mencapai 172 poin dengan Bagnaia.

Quartararo hanya sanggup mengoleksi tiga podium pada balapan utama, yakni di Austin, India, dan Indonesia. Namun, tidak ada satu kemenangan pun yang berhasil diraihnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com