Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Quartararo Sebut Performa Motor Yamaha Sudah Mentok di GP Mandalika

Kompas.com - 16/10/2023, 15:01 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pebalap Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo menyatakan bahwa performanya di GP Mandalika 2023 pekan lalu merupakan yang terbaik sepanjang gelaran MotoGP 2023.

Pasalnya, di tengah masalah teknis pada YZR-M1 alias tunggangannya di area sirkuit ternyata Quartararo mampu menyelesaikan balap di podium ke-3, tepat berada di bawah Francesco Bagnaia dan Maverick Vinales.

"Saya sangat senang. Poin kunci dari balapan kemarin ialah putaran pemasan, yang mana saya benar-benar berusaha untuk membuat bagian belakang banyak berputar. Ini adalah capaian kami paling positif," kata dia dilansir Crash, Senin (16/10/2023).

Baca juga: Pengemudi yang Tabrak Lari Saat Kecelakaan Langsung Jadi Incaran Polisi

Pebalap Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo, saat beraksi pada Free Practice 1 MotoGP Austria 2023 di Red Bull Ring, Jumat (18/8/2023). Fabio Quartararo termasuk dalam daftar pebalap yang lolos ke Q2 MotoGP Austria 2023. (Photo by Jure Makovec / AFP)AFP/JURE MAKOVEC Pebalap Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo, saat beraksi pada Free Practice 1 MotoGP Austria 2023 di Red Bull Ring, Jumat (18/8/2023). Fabio Quartararo termasuk dalam daftar pebalap yang lolos ke Q2 MotoGP Austria 2023. (Photo by Jure Makovec / AFP)

"Ketika Anda berjuang untuk posisi podium, tentunya akan selalu menginginkan lebih cepat. Setiap kali ada kemungkinan, itu harus dilakukan dan kami terus berjalan," ujar Quartararo lagi.

Meski begitu, pembalap berjuluk El Diablo tersebut mengakui motornya saat balapan sudah mencapai batasnya. Quartararo juga menjelaskan bahwa akan sulit buat memaksakan motor untuk tetap melaju lebih cepat lagi.

"Kami melaju hingga batasnya, dan sungguh menyenangkan bisa finis dalam waktu 0,5 detik dari posisi pertama," jelas dia.

Dengan capaian ini, maka Quartararo sudah meraih tiga kali podium, di mana dua podium lain didapatkan di GP Amerika dan GP India.

Baca juga: Menang Dramatis di Mandalika, Bagnaia Penuhi Janji ke Penggemar

Fabio Quartararo saat balapan pada MotoGP Inggris 2023 di Sirkuit SilverstoneDok. Speedweek.com Fabio Quartararo saat balapan pada MotoGP Inggris 2023 di Sirkuit Silverstone

Pada GP Mandalika 2023, Quartararo sempat bersaing sengit dengan Maverick Vinales untuk merebut podium kedua. Namun, Vinales dan Bagnaia masih terlalu gesit untuk bisa dikejar.

Quartararo sebenarnya terus mencatatkan waktu tercepat di antara ketiga pebalap teratas ini. Dengan balapan masih tersisa 7 lap lagi, Quartararo berpeluang finis di posisi kedua.

Sisa lima lap menuju garis finis, Quartararo sudah berada tepat di belakang Vinales dan terlihat kesulitan untuk menaikkan posisinya. Sehingga ia harus puas berada di podium ke-3 saat balapan berakhir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com