Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Valentino Rossi Setuju VR46 Racing Jadi Tim Satelit Yamaha

Kompas.com - 23/11/2023, 18:01 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

Sumber Crash

JAKARTA, KOMPAS.com - Legenda MotoGP Valentino Rossi dikabarkan telah setuju membawa tim miliknya yaitu VR46 Racing Team yang saat ini berada di bawah payung Ducati menjadi tim satelit Yamaha.

Speedweek melaporkan bahwa tahun depan akan jadi musim terakhir VR46 Racing Team menjadi tim satelit Ducati. Kemudian pada 2025, VR46 Racing Team akan memakai motor Yamaha YZR-M1.

Baca juga: MotoGP Diusulkan Pakai Pola Transfer dan Degradasi Ala Sepak Bola

Valentino Rossi saat meraih kemenangan pertamanya bersama Yamaha pada MotoGP Afrika Selatan 2004.Dok. Yamaha Valentino Rossi saat meraih kemenangan pertamanya bersama Yamaha pada MotoGP Afrika Selatan 2004.

Kontrak perdana antara VR46 Racing Team dan Yamaha berlangsung dua tahun yaitu pada 2025 dan 2026. Kesepakatan itu disebut terjadi pekan lalu saat MotoGP Qatar 2023 berlangsung.

Dilansir dari Crash, indikasi VR46 Racing Team akan menjadi tim satelit Yamaha sebetulnya dapat dicium sejak beberapa waktu lalau, di mana Yamaha getol mendekati Rossi.

Rumors beredar, pada 2025 salah satu pebalap VR46 Racing Team akan memakai motor spesifikasi pabrikan. Konsepnya mirip-mirip dengan yang dilakukan Pramac Racing dengan Ducati.

Baca juga: Bikin Pelat Nomor di Pinggir Jalan Tetap Bisa Pakai Stempel Kepolisan

Marco Bezzecchi saat berlaga pada MotoGP Mandalika 2023Dok. @marcobez72 Marco Bezzecchi saat berlaga pada MotoGP Mandalika 2023

Awal tahun ini Rossi menjadi duta merek Yamaha. Rossi sendiri merupakan legenda MotoGP yang identik dengan Yamaha, meski di awal kariernya dia bersama Honda.

Kemudian seperti diketahui Yamaha tidak punya tim satelit sejak RNF Racing pergi dan bergabung dengan Aprilia. Yamaha sendiri selalu mengatakan bahwa keberadaan tim satelit sangat dibutuhkan.

Yamaha memang diketahui aktif mencari tim satelit untuk menggantikan RNF Racing, dan VR46 Racing Team tampaknya sesuai dengan kebutuhan tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com