Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bos Chery Akui Indonesia Dikuasai Merek Jepang

Kompas.com - 02/05/2024, 07:12 WIB
Aditya Maulana

Editor

WUHU, KOMPAS.com - Dalam beberapa tahun terakir merek otomotif asal China mulai melakukan invasi ke Indonesia. Banyak pabrikan asal Negeri Tirai Bambu yang menjual mobil, khususnya di segmen kendaraan listrik (electric vehicle/EV).

Para pabrikan itu mencoba peruntungan di tengah kedidgayaan pabrikan otomotif asal Jepang yang sudah menguasai Indonesia sejak puluhan tahun silam. 

Meski kondisinya seperti itu, tidak menjadikan merek China menyerah karena dianggap Indonesia punya potensi dan pasar yang besar khususnya di wilayah Asia Tenggara.

Baca juga: Chery Indonesia Berencana Luncurkan Merek Jaecoo Akhir Tahun Ini

Salah satunya seperti ungkapan President Chery International Zhang Guibing. Dia mengatakan secara jujur kalau pabrikan mobil Jepang di Indonesia memiliki penjualan yang sangat bagus.

“Namun, lambat laun, kami bisa merasakan dengan jelas bahwa Indonesia adalah pasar yang sangat besar karena memiliki populasi yang sangat banyak. Selain itu, kondisi ekonomi negaranya seiring waktu juga menjadi semakin baik,” ujar Zhang kepada media asal Indonesia di Wuhu, China, belum lama ini.

Omoda 7 PHEV Debut Dunia di ChinaKOMPAS.com / Aditya Maulana Omoda 7 PHEV Debut Dunia di China

Menurut Zhang, setiap pasar termasuk Indonesia memiliki perilaku, selera konsumen, dan kondisi lingkungan yang berbeda. Maka dari itulah Chery tidak menyerah dan justru berkomitmen untuk berkembang di Indonesia dengan beragak produk yang dihadirkan mulai segmen mesin konvesional, hibrida, hingga listrik murni.

“Saya pikir, setelah dua tahun, secara bertahap, kami merasa bahwa kami makin tahu apa yang harus dilakukan, bagaimana membuat konsumen-konsumen di sana senang, bagaimana membuat mobil-mobil yang sangat bagus untuk pasar Indonesia. Saya pikir secara bertahap Chery bisa bergerak dengan lebih baik di Indonesia,” kata Zhang.

Chery Tiggo 9 PHEV di Beijing Auto Show 2024dok.IST Chery Tiggo 9 PHEV di Beijing Auto Show 2024

Salah satu upaya yang dilakukan Chery untuk mengembangkan perusahaan di luar China, yaitu di Indonesia karena negara ini menjadi pasar setir kanan pertama di dunia yang dirambah pabrikan.

"Bahkan lebih dulu daripada Malaysia, Thailand, dan lain-lain. Terlihat jelas, Chery memberikan perhatian sangat tinggi pada pasar ini,” ujar Zhang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com