Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trik Curang Oli Transmisi Dijadikan Pelumas Mesin

Kompas.com - 18/11/2023, 15:02 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

KLATEN, KOMPAS.com - Oli transmisi manual memiliki spesifikasi lebih kental daripada oli mesin. Berdasarkan pantauan Kompas.com, oli transmisi manual memiliki spesifikasi SAE 75 sampai 140 sedangkan oli mesin memiliki SAE 0 sampai 20.

Hal itu menandakan oli mesin dan transmisi manual memiliki kekentalan yang jauh berbeda sehingga tidak bisa dijadikan sebagai pengganti. Namun, justru kondisi tersebut kerap dijadikan trik curang oknum pedagang dalam menjual mobil bekas.

Seperti yang diketahui ada suatu kondisi mesin mobil mengalami kerusakan sehingga menimbulkan suara mesin kasar, dan itu bisa ditutupi dengan menggunakan oli yang lebih kental salah satunya menggunakan oli transmisi manual.

Baca juga: Paham Sesat Pakai Oli Mesin Menggantikan Pelumas Transmisi

Logo API Service hanya disematkan pada oli mesin yang sudah lolos uji laboratorium dari pihak API.Tangkapan Layar Logo API Service hanya disematkan pada oli mesin yang sudah lolos uji laboratorium dari pihak API.

Foreman Nissan Bintaro Ibrohim, mengatakan oli transmisi manual memiliki karakter lebih kental, sehingga bisa menyamarkan bunyi kasar pada mesin yang sudah rusak.

“Dengan oli yang lebih kental, maka bunyi tersebut akan tersamarkan, bahkan untuk mendapatkan suara mesin yang lebih lembut, pedagang yang curang bisa memasukan oli transmisi manual (MTF),” ucap Ibrohim kepada Kompas.com, belum lama ini.

Ibrohim mengatakan dengan cara tersebut tentu suara mobil menjadi lebih halus, namun performa mesin akan menjadi lebih berat karena olinya tidak sesuai.

Baca juga: Jangan Abaikan Oli Transmisi Matik Bila Berubah Warna

Ragam pilihan oli mobilKOMPAS.com/ JANLIKA PUTRI Ragam pilihan oli mobil

Menurut Ibrohim setiap mobil bekas memang perlu diwaspadai, dalam artian jangan mudah percaya dengan omongan pedagang. Sebab tidak semua pedagang mau jujur dengan kondisi mobilnya.

Dia mengatakan biaya perbaikan untuk mesin yang sudah bersuara kasar biasanya membutuhkan biaya yang tidak sedikit karena berhubungan dengan metal dan komponen bergerak di dalamnya.

“Untuk suara kasar di mesin, misal karena mobil tersebut pernah telat ganti oli hingga menyebabkan oil sludge atau oli habis, itu biasanya akan merusak metal-metal di dalam mesin,” ucap Ibrohim.

Baca juga: Rekomendasi Oli Mesin yang Cocok untuk Motor Sport

Dia mengatakan metal merupakan dudukan komponen mesin yang selalu berputar, sehingga ketika pelumasan kurang maksimal komponen ini mudah rusak.

“Seperti metal jalan yang ada di poros engkol, mereka menyatu dengan stang piston, metal ini berfungsi sebagai dudukan biar putaran poros engkol dengan piston tidak oblak dan lebih lembut, tapi bila pelumasan tidak optimal, metal ini akan mudah panas dan rusak,” ucap Ibrohim.

Dia mengatakan ketika metal jalan rusak maka putaran poros engkol dan piston menjadi tidak lembut lagi. Bahkan dalam proses rusaknya terkadang menyisakan metal yang ikut berputar, sehingga bunyi kasar, berdecit antar logam pun tidak terhindarkan.

Baca juga: Daftar Harga Oli Mesin Mobil per November 2023

Mesin Toyota Yaris CrossKompas.com Mesin Toyota Yaris Cross

Dia mengatakan kejadian tersebut berlaku di metal-metal dan komponen mesin lainnya. Setiap terjadi kerusakan metal pasti akan timbul bunyi kasar di mesin.

“Selain metal jalan, ada juga metal duduk yang mengikat di blok mesin dan poros engkol, ada juga poros cam yang juga bisa rusak bila terjadi masalah pelumasan mesin,” ucap Ibrohim.

Maka dari itu perbaikan mesin yang sudah rusak bagian dalamnya tidak murah karena harus mengganti banyak komponen.

Baca juga: Soal Patokan Ganti Oli Mesin, Baiknya Berdasarkan Waktu atau Jarak?

“Biar mobil cepat laku, harga tidak anjlok, maka mengganti pelumas mesin dengan oli transmisi manual kerap dilakukan, karena dengan memperbaikinya akan memakan biaya cukup banyak, dan belum tentu juga dengan harga yang tinggi mobil tersebut bakal cepat laku,” ucap Ibrohim.

Maka dari itu, bagi Anda yang sedang mengincar mobil bekas diharapkan lebih teliti lagi dalam memilih mobil. Jangan sampai, oli mesinnya sudah diganti dengan oli transmisi manual.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com