Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rekomendasi Oli Mesin yang Cocok untuk Motor Sport

Kompas.com - 10/11/2023, 11:12 WIB
Selma Aulia,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sepeda motor sport memiliki ukuran yang lebih besar dari skutik atau bebek. Meski begitu mesin motor sport modern dibuat lebih ringkas dan ringan.

Hal tersebut membuat celah atau jarak antar komponen yang berkaitan menjadi semakin lekat. Seperti piston yang dibuat lebih rapat dengan dinding silinder, yang bertujuan untuk mengoptimalkan kompresi pada ruang bakar.

Komponen yang lebih rapat berguna untuk mencegah terjadinya bahan bakar menyusup atau risiko kontaminasi ke dalam ruang pelumas.

Baca juga: Jeep Bakal Luncurkan Wrangler dan Grand Cherokee Versi Listrik

Motor sport baru QJ Motor dengan nama SRK 800 RRVISORDOWN.com Motor sport baru QJ Motor dengan nama SRK 800 RR

Selain itu, untuk mencegah kontaminasi bahan bakar, pemilik motor sport harus menggunakan oli yang tepat agar kendaraan dapat terlumasi dengan optimal.

Brahma Putra Mahayana, Technical Specialist PT Pertamina Lubricants (PTPL) mengatakan, mesin-mesin modern membutuhkan oli yang lebih encer.

“Karena jarak yang lebih rapat tadi, mesin-mesin motor sekarang membutuhkan viskositas pelumas yang encer. Dengan begitu, setiap komponen di dalam mesin dapat terlumasi dengan baik. Terlebih untuk motor sport yang menuntut mesin bekerja lebih keras dan cepat,” ungkap Brahma beberapa waktu lalu.

Baca juga: Motor Listrik Electrum H5 Meluncur, 500 Unit Tahap Awal buat Gojek

Penggantian oli motor sportKompas.com/Erwin Setiawab Penggantian oli motor sport

Sebagai informasi, oli dengan kategori viskositas yang tetap encer pada suhu rendah dan mampu mempertahankan kekentalan sesuai pada suhu tinggi, membuat mesin mampu beroperasi dengan baik dalam berbagai kondisi.

Selain itu, ini sangat membantu untuk menjaga performa dan keandalan mesin, terutama motor sport yang sering menghadapi suhu yang signifikan selama penggunaan.

Kadar oli SAE 10W-40 berbeda dengan oli berspesifikasi SAE 5W-30. Jika dibandingkan, pelumas 5W-30 jelas punya viskositas yang lebih encer.

Oli dengan spesifikasi tersebut, sangat dibutuhkan oleh motor terbaru seperti motor jenis sport bermesin 250 cc ke atas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com