Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ducati Siapkan Mesin Satu Silinder Paling Bertenaga, Tembus 83,4 TK

Kompas.com - 30/10/2023, 18:01 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ducati modern terkenal dengan mesin dua silinder L dan baru ini meluncurkan V4. Tapi pabrikan Italia ini mengumumkan mesin satu silinder barunya, muncul lagi setelah 30 tahun.

Dikutip dari Motorcyclenews, mesin barunya Ducati ini disebut Superquadro Mono, 659cc yang dikaim paling tinggi putaran mesinnya dan tenaganya paling besar untuk motor jalanan.

Klaim Ducati, versi standar bisa menghasilkan tenaga 76,4 TK dan versi balap di 83,4 TK. Putaran mesinnya bisa mencapai 10.250 RPM berkat teknologi desmodromic khas Ducati.

Baca juga: Ducati Siap Memasuki Dunia Motocross dengan Borgo Panigale

Ducati baru dengan mesin satu silinder yang sedang dikembangkanmotorcyclenews.com Ducati baru dengan mesin satu silinder yang sedang dikembangkan

Superquadro Mono ini menggunakan piston yang sama dengan Panigale 1299. Jadi tidak aneh kalau mesin satu silinder ini bisa menghasilkan tenaga yang besar, ditambah timing control khas Desmo.

Soal mesin satu silinder, Ducati sebenarnya pernah punya motor balap Supermono 550 tahun 1993. Mesinnya ambil dari 888 Racing V-twin yang diambil bagian tegaknya, menghasilkan tenaga 75 TK di 10.000 RPM.

Memang Ducati seperti melanjutkan saja dari mesin balapnya saat itu. Cuma sebenarnya, hampir semua bagiannya baru, seperti dikatakan Claudio Domenicali, CEO Ducati yang dulunya jadi pemimpin proyek Supermono.

Baca juga: Tips Hilangkan Ngelitik Mesin Mobil Tanpa ke Bengkel


"Empat tahun lalu sambil diskusi, ada yang bertanay kenapa tidak buat Supermono yang baru?" kata Ducati Engine Director Stefano Fantoni bilang ke Motorcyclenews.

Lalu, Domenicalli pun memutuskan kalau ide tersebut bisa saja diwujudkan. Makanya sekarang hadir Superquadro Mono.

Fantoni dan timnya langsung mengerjakan itu, membuat mesin yang performa tinggi tapi juga ringan dan ringkas. Hasilnya, bukan tenaganya saja yang besar, torsinya mencapai 62,3 Nm di 8.000 RPM.

Belum diketahui mesin baru Ducati ini akan dipasang ke motor apa. Cuma belum lama ini ada foto mata-mata yang memperlihatkan motor bergaya Motard dengan mesin terbaru itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com