Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanda Transmisi pada Mobil Matik Minta Perawatan

Kompas.com - 20/10/2023, 19:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

SLEMAN, KOMPAS.com - Pembersihan body control valve (BCV) merupakan salah satu perawatan mobil matik dengan melakukan pembongkaran panci oli dan perangkat BCV.

BCV merupakan perangkat yang bekerja sebagai pengatur arah aliran oli transmisi pada sistem. Sehingga, putaran roda dan rasio percepatan suatu mobil sesuai keinginan pengemudi.

Sifat perawatan ini merupakan langkah antisipasi maka dari itu gejala atau tandanya kecil bahkan tidak bisa dirasakan oleh pengemudi.

Baca juga: Estimasi Biaya Perawatan Transmisi Matik mulai Rp 750.000

Body control valve memiliki lubang-lubang kecil yang berpotensi mengalami penyumbatanTangkapan layar Body control valve memiliki lubang-lubang kecil yang berpotensi mengalami penyumbatan

Budi, Mekanik Aha Motor mengatakan pembongkaran BCV tidak perlu menunggu transmisi rusak dengan beberapa gejala yang terjadi.

“Seperti terjadi delay, ketika tuas matik sudah posisi D atau R tapi mobil tidak kunjung melaju, bisa juga perpindahan percepatannya nyentak atau terjadi perpindahan percepatan kasar tidak seperti biasanya, itu semua merupakan tanda ada masalah pada transmisi,” ucap Budi kepada Kompas.com, Jumat (20/10/2023).

Sebisa mungkin konsumen melakukan pembersihan BCV sebelum gejala tersebut timbul karena harapan dibersihkannya komponen ini, menurut Budi agar transmisi matik lebih awet.

Baca juga: Ini Penyakit Bawaan Transmisi Matik Avanza-Xenia, Rush-Terios

Body control valve sebagai tempat pengatur aliran oli dalam transmisi matikTangkapan layar Body control valve sebagai tempat pengatur aliran oli dalam transmisi matik

Ada pun tanda-tanda bahwa BCV perlu dibersihkan adalah dari hasil pemeriksaan fisik seperti pada kondisi oli transmisi bekas dan dari pantuan riwayat servis.

“Misal penggantian oli matik sempat telat, maka sebaiknya kami sarankan melakukan pembersihan BCV, begitu juga bila dilihat kualitas oli matiknya sudah sangat kotor, itu ada potensi dalamnya juga kotor,” ucap Budi.

Budi mengatakan tidak susah untuk memeriksa kondisi BCV, cukup dengan melepas panci oli pada transmisi maka unitnya akan terlihat.

Baca juga: Estimasi Biaya Perbaikan Transmisi Matik Toyota Rush Bekas, mulai Rp 6 Jutaan

Body control valve merupakan tempat manajemen aliran oli transmisi matikTangkapan layar Body control valve merupakan tempat manajemen aliran oli transmisi matik

“Saat panci dibongkar, akan terlihat juga seberapa tebal debris yang menempel pada magnet di dasar panci oli, jika sudah banyak kami sarankan untuk pembongkaran BCV meski belum ada gejala kerusakan pada transmisi,” ucap Budi.

Dengan dibongkarnya BCV sampai ke bagian-bagian kecilnya, menurut Budi saluran oli matik secara menyeluruh akan terjangkau sehingga ketika ada kotoran bisa mudah terangkat dan dibersihkan maksimal.

“Pembersihan saluran ini biasanya menggunakan metode pembilasan atau flushing, hanya saja tingkat efektif jauh lebih baik overhaul BCV, karena yang dibongkar adalah inti dari masalah yang ada,” ucap Budi.

Baca juga: Faktor yang Mempengaruhi Biaya Perbaikan Transmisi Matik

Hanya dengan modal mulai Rp 750.000 sampai Rp 950.000, transmisi matik menjadi jauh lebih awet dengan melakukan overhaul BCV menurut Budi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com