Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Faktor yang Mempengaruhi Biaya Perbaikan Transmisi Matik

Kompas.com - 15/09/2023, 17:12 WIB
Erwin Setiawan,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Transmisi matik pada mobil modern jadi andalan karena mudah dioperasikan. Namun di satu sisi, dianggap lebih mahal dari model manual.

Padahal, biaya perbaikan transmisi matik tidak selalu mahal karena beberapa bengkel spesialis matik berani memberikan alternatif.

Ragam biaya perbaikan transmisi matik sudah jadi hal wajar dan bisa dipahami, dilihat dari jenis perbaikan yang dilakukan.

Baca juga: Beli Yaris Bakpao Disarankan Pilih Transmisi Matik

Tuas transmisi matik Daihatsu Ayla R ADS CVTKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Tuas transmisi matik Daihatsu Ayla R ADS CVT

Hermas Efendi Prabowo, Pemilik Warner Matic Bengkel Spesialis Matik mengatakan, biaya perbaikan transmisi matik tidak bisa disebut angkanya secara pasti. Hal ini karena memang banyak bengkel spesialis memiliki standar berbeda-beda.

Perbaikan transmisi matik bisa saja dilakukan seminimal mungkin untuk menekan biaya perbaikan asal mobil mau jalan, tapi ini akan menjadi masalah bagi sebagian orang yang mengutamakan kualitas,” ucap Hermas kepada Kompas.com, Minggu (10/9/2023).

Menurut Hermas, sebagian konsumen mungkin memang mengharapkan perbaikan seminimal mungkin, namun ada juga yang mengharapkan kualitas terbaik. Sehingga, hal itu menentukan biaya yang diperlukan.

Baca juga: Gejala Transmisi Matik Bermasalah, Akselerasi Mendadak Lemot

Overhaul transmisi matik Bengkel Worner Matic Overhaul transmisi matik

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi biaya perbaikan transmisi matik di luar dari kebijakan masing-masing bengkel.

“Pertama tingkat kerusakan, mobil matik masuk bengkel memiliki kerusakan berbeda-beda sehingga komponen yang kemungkinan rusak juga berbeda, begitu juga harga suku cadangnya,” ucap Hermas.

Selain itu, tingkat perbaikan yang diinginkan oleh konsumen juga berbeda-beda. Padahal, ketika berbicara transmisi matik maka sangat berkaitan dengan komponen yang memiliki masa pakai.

Dengan demikian, ada onderdil yang memang harus diganti dan masih bisa dipakai. Namun disarangkan diganti karena masa pakainya hampir habis.

Baca juga: Pengemudi Wajib Tahu Fungsi Masing-masing Tuas Transmisi Matik

Mekanisme kerja transmisi mobil matik Mobilmo.com Mekanisme kerja transmisi mobil matik

“Nah, hal-hal seperti itu menjadi hak konsumen, transmisi matik ini ingin diperbaiki sejauh apa akan menentukan biaya perbaikannya,” ucap Hermas.

Selanjutnya, Hermas juga mengatakan kualitas onderdil transmisi matik di pasaran juga beragam, sehingga komponen yang sama bisa memiliki beberapa pilihan harga menyesuaikan grade kualitasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com