Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beli Yaris Bakpao Disarankan Pilih Transmisi Matik

Kompas.com - 12/09/2023, 10:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota Yaris lawas banyak diburu masyarakat meski usianya sudah belasan tahun sejak pertama kali meluncur. Mobil ini terkenal bandel dan memiliki performa yang baik.

Yaris pertama kali mengaspal di Indonesia pada 2006 dengan CBU dari Thailand. Mobil ini merupakan hatchback yang cukup fenomenal di zamannya dengan konsep tampilan bulat. Maka dari itu lebih dikenal dengan sebutan Yaris bakpao.

Mobil ini mengusung mesin 1NZ-FE 1.500 cc VVT-I DOHC yang diklaim mampu menghasilkan tenaga mencapai 107 Tk pada 6.000 Rpm serta torsi puncaknya mencapai 142 Nm pada 4.200 Rpm dipadukan dengan transmisi manual 5 percepatan dan matik 4 percepatan.

Baca juga: Estimasi Biaya Perbaikan Radiator Toyota Yaris Bakpao

Hermas Efendi Prabowo, Pemilik Warner Matic Bengkel Spesialis Matik mengatakan transmisi otomatis milik Yaris Bakpao memiliki performa yang bagus dan bisa diandalkan.

“Jika saya disuruh menyarankan, saat mau beli Yaris Bakpao maka transmisi matik menjadi pilihan lebih unggul, karena dari segi kenyamanan, mobil dengan transmisi otomatis akan lebih enak, bila manual akan lebih cepat capek,” ucap Hermas kepada Kompas.com, Minggu (10/9/2023).

Hermas mengatakan konsumen tidak perlu khawatir pada penyakit transmisi matik, karena setiap masalahnya bisa diselesaikan dengan baik.

Baca juga: Rincian Estimasi Biaya Perbaikan Kaki-kaki Toyota Yaris Bakpao

“Misal mengalami kerusakan, atau penurunan performa, setiap transmisi matik bisa dipulihkan seperti sedia kala, seperti baru lagi, jadi mobil matik bekas tetap direkomendasikan,” ucap Hermas.

Hermas juga mengatakan saat hendak membeli Yaris Bakpao, dengan usia mobil sudah belasan tahun maka konsumen perlu paham dengan kondisi transmisi matiknya.

“Memang mungkin saja transmisi matik Yaris generasi pertama ini sudah waktunya perbaikan, karena ada batas masa pakainya, hanya saja seberapa lamanya yang kita tidak tahu,” ucap Hermas.

Baca juga: Sedang Cari Toyota Yaris Lawas, Kenali Penyakitnya

Daripada konsumen tidak nyaman, Hermas menyarankan agar dalam membeli Yaris Bakpao konsumen sudah memiliki pemikiran yang tepat dengan menganggap transmisi mobil tersebut memang sudah rusak dengan demikian tidak akan kecewa.

Penyusutan harga jual Yarsi Bakpao matik juga sebenarnya menjadi kompensasi menurut Hermas.

“Jadi ketika dapat mobil dengan banderol lebih kecil, jangan menganggap dapat barang murah, itu memang harga normalnya, selisih harga itu bisa digunakan untuk menutup biaya perbaikan transmisi matik,” ucap Hermas.

Baca juga: Cara Loyalis Yaris Rayakan Ulang Tahun Ke-17

Sehingga, ketika hendak membeli Yaris Bakpao, Hermas menyarankan pilih transmisi yang matik karena itu jauh lebih nyaman daripada manual. Namun, jangan lupa untuk memperkirakan kemungkinan terburuknya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com