Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Estimasi Biaya Perawatan Transmisi Matik mulai Rp 750.000

Kompas.com - 20/10/2023, 14:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

SLEMAN, KOMPAS.com - Body control valve (BCV) merupakan komponen pada transmisi matik baik AT konvensional ataupun CVT. Bagian ini berfungsi sebagai tempat manajemen aliran oli transmisi matik sebelum diteruskan ke mekanikal penggerak.

Oli ini akan menjadi penerus gaya dorong pada masing-masing piston perangkat kopling, sehingga rasio serta arah putaran akan tercipta sesuai dengan permintaan pengemudi.

Sehingga, jika di dalam (BCV) terjadi masalah sejenis penyumbatan maka dampaknya akan langsung terasa ke pengemudi.

Baca juga: Ini Penyakit Bawaan Transmisi Matik Avanza-Xenia, Rush-Terios

Body control valve merupakan tempat manajemen aliran oli transmisi matikTangkapan layar Body control valve merupakan tempat manajemen aliran oli transmisi matik

Budi, Mekanik Aha Motor mengatakan pembongkaran body control valve bisa menjadi langkah antisipasi terjadinya kerusakan transmisi matik.

“Sebenarnya jika penggantian oli matik rutin tiap 40.000 Km atau lebih dini lagi, overhaul (BCV) tidak perlu karena harapannya oli masih bersih, namun jika muncul kekhawatiran ada kotoran di dalam maka pembersihan BCV bisa dilakukan,” ucap Budi kepada Kompas.com, Kamis (19/10/2023).

Budi mengatakan pembersihan komponen BCV dengan cara dibongkar akan jauh lebih efektif daripada melakukan flushing.

Baca juga: Estimasi Biaya Perbaikan Transmisi Matik Toyota Rush Bekas, mulai Rp 6 Jutaan

Body control valve sebagai tempat pengatur aliran oli dalam transmisi matikTangkapan layar Body control valve sebagai tempat pengatur aliran oli dalam transmisi matik

Selain menghabiskan lebih banyak oli transmisi matik, flushing hanya akan membilas kotoran yang kemungkinan masih bisa terangkat akibat aliran oli saja.

“Jika dibongkar, maka setiap seluk beluk saluran kecil yang ada pada BCV akan tersentuh dan kotoran bisa terangkat secara pasti, maka dari itu kami menyarankan perawatan ini menjadi agenda servis rutin mobil matik,” ucap Budi.

Budi juga mengklaim perawatan pembersihan BCV tidak banyak dilakukan oleh bengkel-bengkel lain, bahkan di bengkel resmi sekalipun. Sehingga, bagi konsumen perlu lihat-lihat ada layanan tersebut tidak di bengkel tertentu.

Baca juga: Faktor yang Mempengaruhi Biaya Perbaikan Transmisi Matik

“Yang pasti ada ya di sini, perawatan BCV bisa menjadi langkah antisipasi kerusakan transmisi matik yang marak terjadi,” ucap Budi.

Semenatara itu, estimasi biaya perawatan pembersihan BCV mulai Rp 750.000 sampai Rp 950.000 tergantung jenis dan tipe mobil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com