Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seberapa Irit Suzuki Baleno Dibawa Dalam Kota

Kompas.com - 30/04/2024, 10:31 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Suzuki Baleno yang telah mendapat penyegaran ringan di sektor fitur pada 2023, menjadi pilihan hatchback paling terjangkau.

Bila dibandingkan dengan para kompetitornya seperti, Honda City Hatchback atau Toyota Yaris, soal harga Baleno masih yang paling terjangkau.

Suzuki saat ini memasarkan Baleno di bawah Rp 300 juta, tepatnya hanya Rp 283,9 juta dengan hanya satu pilihan tipe dan dibekali transmisi otomatis konvensional.

Banyak yang penasaran dengan performa, fitur, serta efisiensi bahan bakar dari Suzuki Baleno Hatchback.

Baca juga: Beda Panjang Pendek Busi Suzuki Ertiga, Ini Penjelasannya

Suzuki Baleno ATKOMPAS.com/STANLY RAVEL Suzuki Baleno AT

Untuk mesin, Baleno masih mengusung K15B 1.500 cc yang sama dengan Ertiga atau Jimny. Dapur pacu tersebut mampu memproduksi tenaga 104,6 ps atau 103,1 Tk pada 6.000 rpm dan torsi 138 Nm di putaran 4.400 rpm.

Urusan performa, tenaganya tergolong responsif di putaran bawah. Tanpa harus menekan pedal gas terlalu dalam, mobil sudah siap melaju sejak tuas transmisi di posisi ke D.

Saat mencoba untuk melakukan akselerasi dengan menekan habis pedal gas, tak sulit bagi mobil CBU India ini menyentuh kecepatan 120 km per jam (kpj). Namun memang ada sedikit gejala seperti mesin yang tertahan di awalan.

Baca juga: Fenomena Sabuk Baja CVT Rontok, Bagaimana dengan IVT?

Bicara soal konsumsi bahan bakar, dari hasil pengetesan singkat redaksi ketika menggunakan Baleno di dalam kota dengan rute kombinasi baik tol dan non-tol, setelah menempuh jarak hampir 70 km berdasarkan MID tercatat 14,6 kpl. Artinya 1 liter bensin untuk menempuh 14,6 km.

Suzuki Baleno ATKOMPAS.com/STANLY RAVEL Suzuki Baleno AT

Catatan BBM tersebut redaksi dapat dengan berkendara normal tanpa mematikan AC dan diisi dua penumpang dewasa dan dua anak yang bobot keseluruhan kurang lebih 178 Kg.

Rute di dalam kota digunakan untuk melintasi area kemacetan dari Kawasan Setiabudi, Kuningan, sampai Pondok Kopi dan Bekasi. Sementara jalan tol hanya di area dalam kota, sekaligus untuk merasakan singkat tenaga di putaran atasnya.

Baca juga: Ini Klaim Konsumsi BBM Citroen C3 Aircross SUV

Secara keseluruhan, Baleno masih memiliki performa dan sisi bahan bakar yang bisa dibilang tak kalah saing dengan kompetitornya. Apalagi didukung dengan dimensi bodi yang ringkas membuat mobil ini juga mudah untuk dikendarai.

Suzuki Baleno ATKOMPAS.com/STANLY RAVEL Suzuki Baleno AT

Bermodalkan fitur yang mewah, bahkan tak dimiliki rival, Baleno sebenarnya cocok untuk dijadikan pilihan teman mobilitas di dalam kota. Apalagi harganya juga cukup bersahabat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com