Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Estimasi Biaya Perbaikan Transmisi Matik Toyota Rush Bekas, mulai Rp 6 Jutaan

Kompas.com - 04/10/2023, 14:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

SUKOHARJO, KOMPAS.com - Rush konde banyak diburu oleh masyarakat lantaran tangguh dan nyaman saat digunakan. Namun, sebelum membelinya perlu dipahami mobil dengan usia di atas 10 tahun rawan mengalami kerusakan transmisi matik.

Pertama kali meluncur di Indonesia, Rush dibekali dua pilihan transmisi yakni manual 5 percepatan dan otomatis 4 percepatan menggunakan penggerak roda belakang.

Biaya perbaikan transmisi matik bisa dibilang tidak murah jika dibandingkan dengan transmisi manual karena pada dasarnya struktur komponennya tidak sama.

Baca juga: Estimasi Biaya Perawatan AC Toyota Rush Lawas, mulai Rp 400.000-an

Rush generasi pertama meluncur pada 2006Tangkapan layar Rush generasi pertama meluncur pada 2006

Muchlis, Pemilik Bengkel Spesialis Toyota Mitsubishi, Garasi Auto Service mengatakan belum tentu mobil dengan usia 10 tahun ke atas rusak, namun umumnya sudah waktunya perbaikan.

“Jika perawatan transmisi matik dilakukan dengan baik, rutin ganti oli dan dioperasikan dengan wajar umumnya transmisi matik bisa lebih awet, namun waspada sebelum membeli sebaiknya diperlukan,” ucap Muchlis kepada Kompas.com, Rabu (4/10/2023).

Pemilik bengkel di Polokarto, Kabupaten Sukoharjo ini mengatakan ada beberapa tanda bahwa transmisi matik mulai bermasalah yakni mulai dari perpindahan putaran tidak lembut, mobil tidak mau jalan dan kecepatan mobil terbatas.

Baca juga: Mau Beli Toyota Rush Bekas, Kenali Dulu Penyakit Umumnya

Toyota Rush TRD UltimoKompasOto Toyota Rush TRD Ultimo

“Jika gejala kerusakan transmisi matik sudah timbul, sebaiknya segera dibawa ke bengkel untuk dilakukan pemeriksaan sebelum memutuskan untuk overhaul transmisi, semakin cepat maka akan semakin memperkecil kemungkinan kerusakan,” ucap Muchlis.

Muchlis menjelaskan estimasi biaya perbaikan transmisi tidak bisa dipatok secara pasti karena harus memperhitungkan banyaknya komponen yang diganti.

“Untuk mobil lawas seperti Rush Konde biaya perbaikan transmisi matik mulai Rp 6 juta sampai Rp 12 juta tergantung perbaikan yang dilakukan,” ucap Muchlis.

Muchlis mengatakan ada banyak komponen di dalam transmisi matik seperti kampas pada masing-masing area penggerak, plat yang digerakkan, seal pada masing-masing penggerak. Semakin banyak komponen yang rusak maka biaya perbaikan semakin tinggi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com