Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ulas Desain Subaru WRX tS EyeSight, Sedan dengan Body Moulding

Kompas.com - 09/10/2023, 09:42 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Subaru Indonesia resmi memperkenalkan sedan WRX di Indonesia pada awal 2023, tepatnya di IIMS 2023. Tersedia dua pilihan untuk model sedan, WRX standar dengan transmisi manual dan WRX tS EyeSight dengan segala kecanggihannya.

Redaksi dapat kesempatan buat mengetes varian tS EyeSight yang dibanderol Rp 949,5 juta. Pada tulisan kali ini, kami bakal bahas soal eksteriornya yang bisa dibilang kontroversial.

WRX ini sebenarnya masuk ke generasi kedua, kalau dihitung sejak Impreza, maka model 2023 ini adalah generasi kelima. Pada model paling baru ini, ada desain yang cukup nyeleneh dari Subaru, yakni tambahan body moulding layaknya SUV.

Baca juga: Modifikasi Digital Toyota Vellfire, Pakai Fender Subaru WRX


Apalagi pada unit tes kami, sangat kontras dari eksteriornya, warna bodi oranye dengan body moulding hitam doff mengelilingi mobil. Awalnya memang cukup aneh kelihatannya, tapi lama-kelamaan, malah terbiasa dan terlihat garang.

Pertama dari bagian depan, bagian lampu khas WRX kini lebih menyipit atau kecil. Disematkan DRL yang juga jadi lampu sein dan proyektor sebagai penerangan utama.

Kombinasi warna oranye dan body moulding hitam di bumper depan ternyata serasi juga. Apalagi kalau melihat grille depan yang besar ditambah airscoop di kap mesin khas Subaru.

Baca juga: Ferrari Tabrak Banyak Kendaraan di Bundaran Senayan

Subaru WRX tS EyeSightKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Subaru WRX tS EyeSight

Beralih ke bagian samping, kami rasa ini adalah bagian terbaik dari WRX secara eksterior. Tarikan garis yang agresif bisa dilihat dari depan sampai belakang, ditambah body moulding hitam yang menyiku, memberi aksen garang.

Soal pelek, pada varian tS EyeSight menggunakan model dual tone 18 inci. Ukuran tersebut ternyata cocok saja, apalagi saat ada body moulding yang membuat rumah roda kelihatan lebih besar.

Apalagi bisa dilihat di bagian belakang, dari pintu sampai ke bumper, dibuat lebar. Menyatu desainnya dengan bagian bumper yang agak gondrong, dengan bagian body moulding yang agresif.

Baca juga: Ajak Jalan-jalan Toyota Yaris Cross Keliling Ibu Kota

Subaru WRX tS EyeSightKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Subaru WRX tS EyeSight

Pada bagian belakang, kami paling suka kalau melihatnya. Pertama desain lampu simpel dengan LED yang bagian dalamnya ada serpihan-serpihan, jadi saat menyala seperti ada magma atau lava, kata Subaru.

Lalu, pada bagian belakang ini Subaru memasang knalpot model twin dual mufflers, ada empat lubang. Kalau melihat dengan desainnya, makin serasi karena tampilan bumper yang juga agresif.

Baca juga: Video Panther Pakai Lampu Rem Silau, Bisa Kena Denda Rp 12 Juta

Subaru WRX tS EyeSightKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Subaru WRX tS EyeSight

Sentuhan manis, di bagian atas bagasi, ada tambahan ducktail. Jadi secara tampilan terlihat garang dengan desain bumper yang agresif, tapi ada sentuhan sporty juga.

Soal desain, WRX baru ini memang sempat kontroversial dengan dipasangnya body moulding. Cuma lama-lama desain tersebut akhirnya diterima juga oleh mata dan ternyata cocok saja di sedan harga Rp 900 jutaan ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com