Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terjatuh di MotoGP India 2023, Bagnaia Terpaksa Ambil Risiko Besar

Kompas.com - 25/09/2023, 11:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Francesco Bagnaia gagal membawa pulang poin pada MotoGP India 2023 di Sirkuit Buddh. Dia mengaku terpaksa mengambil risiko besar hingga membuatnya terjatuh dan tidak bisa melanjutkan balapan.

Balapan kali ini memang sedikit berbeda dengan seri-seri sebelumnya. Sirkuit Buddh merupakan sirkuit yang baru untuk MotoGP.

Baca juga: Hasil Klasemen Usai Race MotoGP India 2023, Martin Tempel Bagnaia

Tapi, para pebalap tidak diberi kesempatan untuk berkenalan sebelumnya. Tidak ada sesi tes yang digelar sebelum MotoGP India 2023 digelar.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by MotoGP™ (@motogp)

Maka itu, tidak banyak data yang dimiliki oleh tim. Termasuk untuk pemilihan ban. Padahal, ban termasuk faktor yang krusial, yang bisa menentukan kemenangan.

"Kami menerima risiko balapan dengan kompon yang lebih keras, karena dengan ban depan medium, tidak tahu mengapa, tapi saya tidak merasa seperti pebalap Ducati lainnya," ujar Bagnaia, dikutip dari Crash.net, Senin (25/9/2023).

Baca juga: Bagnaia Sebut Aturan Tekanan Ban Bikin Balapan Tidak Aman

Bagnaia mengaku sangat kesulitan, ban depannya sering kali mengunci. Kondisi tersebut menyulitkannya dalam balapan, apalagi harus bersaing ketat dengan pebalap lain, seperti Jorge Martin.

Francesco Bagnaia saat berlaga pada MotoGP India 2023Dok. @pecco63 Francesco Bagnaia saat berlaga pada MotoGP India 2023

"Untuk berada di depan dan dengan medium, saya tidak memiliki kemungkinan itu. Jadi, kami menerima risiko balapan dengan ban tipe hard," kata Bagnaia.

Bagnaia menambahkan, sebelum terjatuh, dia merasa baik-baik saja. Motornya selalu bergetar dan timnya juga belum menemukan solusi untuk masalah tersebut.

Baca juga: Hasil Klasemen Usai Race MotoGP India 2023, Martin Tempel Bagnaia

Francesco Bagnaia di MotoGP BelandaTWITTER/PECCOBAGNAIA Francesco Bagnaia di MotoGP Belanda

"Saya sudah meminta maaf kepada tim. Ini sangat penting untuk bisa menyelesaikan balapan, apalagi melihat apa yang terjadi setelah saya terjatuh. Tapi, itu sesuatu yang dapat terjadi ketika Anda terlalu berada di batas," ujarnya.

Saat ini, Bagnaia masih berada di puncak klasemen sementara MotoGP 2023 dengan 292 poin. Tapi, selisih poin dengan Martin semakin kecil, yakni terpaut 13 poin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com