Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Melihat Drift King Melibas Tikungan dengan Hyundai Ioniq 5 N

Kompas.com - 23/09/2023, 15:21 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Hyundai Ioniq 5 N diciptakan dengan performa yang lebih buas. Belum lama ini, mobil listrik tersebut dipakai untuk melibas tikungan oleh sang drift master, yakni Keiichi Tsuchiya.

Dikutip dari Carscoops.com, Sabtu (23/9/2023), Hyundai belum lama ini meluncurkan dan memamerkan Ioniq 5 N pada pameran drift di Australia. Untuk benar-benar menunjukkan kemampuan mobil tersebut, Hyundai juga menyerahkan kemudi kepada legenda drift Keiichi Tsuchiya yang dikenal juga dengan julukan Drift King (DK) Tsuchiya.

Pada video terbaru yang diunggah Hyundai di media sosial, Tsuchiya membagikan beberapa kesannya tentang mobil tersebut, yang ia akui memiliki ekspektasi yang rendah pada awalnya. Dia mengatakan bahwa dia tidak terlalu mengantisipasi karena beberapa alasan, yang paling utama adalah bahwa "belum banyak mobil tipe sport dari Korea" di Jepang.

Baca juga: Hyundai Bicara Rencana Jual Ioniq 5 N di Indonesia

Selain itu, dia menyebutkan bahwa ini adalah pertama kalinya dia mengemudikan kendaraan listrik. Selain stereotip lama tentang motor listrik, Tsuchiya juga mengemukakan bahwa dia khawatir tentang bobot mobil. Namun, dia mengatakan bahwa dirinya sangat terkejut ketika mencobanya.

"Yang paling mengejutkan adalah kelincahannya, yang tidak terpikirkan oleh mobil seberat 2.200 kg. Saat mengemudikannya, saya mengira beratnya sekitar 1.800 kg hingga 1.900 kg, tetapi saat kembali ke pit, saya terkejut mengetahui bahwa beratnya ternyata mencapai 2.200 kg," ujar Tsuchiya.

Seperti yang dapat dilihat dari rekaman tersebut, Tsuchiya terlihat sangat piawai mengendalikan mobil listrik. Dia berhasil melakukan drift yang panjang dan terkendali di lintasan. Begitu keluar dari mobil, matanya yang tersenyum dapat terlihat melalui helmnya.

Baca juga: Hyundai Ioniq 5 N Siap Dijual, Kisaran Harga Rp 1 Miliar

"Sangat menyenangkan karena bagian belakang mobil bergerak dengan baik. Saat mengemudi, saya berpikir, 'Oh, mereka membuat mobil yang menyenangkan'. Ini adalah kesan saya yang berubah tentang Hyundai Motors," kata Tsuchiya.

Keiichi Tsuchiya alias Drift King (DK) Tsuchiya, melakukan drift menggunakan mobil listrik Hyundai Ioniq 5 NDok. Hyundai Keiichi Tsuchiya alias Drift King (DK) Tsuchiya, melakukan drift menggunakan mobil listrik Hyundai Ioniq 5 N

Didukung oleh motor listrik bertenaga tinggi di bagian depan dan belakang, Ioniq 5 N menawarkan tenaga sebesar 641 tk. Tenaga tersebut cukup untuk melesat dari posisi diam hingga 100 kilometer per jam dalam waktu 3,4 detik, dan mencapai kecepatan tertinggi 260 kilometer per jam.

Untuk membantunya di tikungan, mobil ini dilengkapi dengan sistem N Torque Distribution dengan fungsi Torque Kick Drift yang memungkinkan pengemudi untuk mensimulasikan tendangan kopling dan menginduksi drift.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com