Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bicara Peluang Hyundai Ioniq 5 N Masuk Indonesia

Kompas.com - 18/07/2023, 10:22 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Hyundai Ioniq 5 N belum lama ini resmi merluncur secara global, tepatnya menjelang Goodwood Festival of Speed di Inggris.

Mobil listrik dari Hyundai ini memiliki performa yang tinggi dengan tenaga diklaim tembus 641 Tk. Difokuskan untuk pengemudi dan menjanjikan pengalaman berkendara yang menyenangkan.

Sebelumnya, Vice President and Head of N Brand Hyundai Till Wartenberg mengatakan, produk tersebut akan menyasar pencintanya di kawasan Uni Eropa (EU), Asia, dan Australia.

Baca juga: Dua Varian SUV Baru Chery Siap Meluncur di GIIAS 2023

Hal tersebut karena perseroan sudah menyatakan komitmennya untuk akan terus mengembangkan kendaraan listrik guna mencapai target Net Zero Emission pada masa mendatang.

Lantas apakah Hyundai Ioniq 5 N bakal segera meluncur di Indonesia?

Mobil listrik berperforma tinggi Hyundai Ioniq 5 NDok. Hyundai Mobil listrik berperforma tinggi Hyundai Ioniq 5 N

Menjawab hal ini, Astrid A. Wijana, Head of Marketing PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) mengatakan, belum bisa memastikan terkait kehadiran Ioniq 5 N di Indonesia.

“Ioniq N sebenarnya milik N brand, jadi untuk saat ini terus terang kami belum meluncurkan N brand walaupun memang bisa dibilang pengetahuan ataupun juga awareness tentang N brand di mata konsumen indonesia cukup tinggi,” kata Astrid, di Jakarta, Senin (17/7/2023).

“Jadi tunggu saja dulu. Untuk saat ini bahkan mobilnya belum tersedia di manapun, kemarin itu baru perkenalkan Ioniq 5 N ini di ajang Goodwood Festival of Speed as a showcase. Tapi istilahnya, di Korea juga belum dijual,” lanjut Astrid.

Sebagai informasi, Ioniq 5 N masih mengandalkan platform yang sama seperti Ioniq 5, yakni Electric Global Modular Platform (E-GMP).

Pada bagian eksterior, secara garis besar Ioniq 5 N masih mengusung desain yang serupa dengan Ioniq 5. Hanya saja, Ioniq 5 N lebih rendah 20 mm, lebih lebar 50 mm, dan lebih panjang 80 mm.

Mobil listrik berperforma tinggi Hyundai Ioniq 5 NDok. Hyundai Mobil listrik berperforma tinggi Hyundai Ioniq 5 N

Bagian depan terlihat menonjol dengan splitter baru, air flaps, dan air curtains. Sementara di bagian belakang, terdapat spoiler unik, diffuser , lampu rem segitiga, dan wiper.

Sementara pada bagian kaki-kaki, dibekali dengan satu set pelek aluminium berukuran 21 inci dan dibungkus ban Pirelli P Zero berukuran 275/35.

Interior Ioniq 5 N juga sedikit berbeda. Desain setirnya baru dan memiliki berbagai tombol N, termasuk tombol N Grin Boost. Joknya layaknya mobil balap, menggunakan model bucket.

Mobil ini dilengkapi dengan paket baterai 84 kWh yang diperbesar dan dilengkapi dengan motor listrik yang telah direvisi di bagian depan dan belakang.

Baca juga: Jangan Sembarangan Pasang Audio Tambahan di Mobil Listrik

Motor listrik pada roda depan menghasilkan daya sebesar 166 kW atau setara dengan 222 tk. Sementara motor listrik pada roda belakang, memiliki tenaga sebesar 282 kW atau setara 378 tk.

Jika keduanya digabungkan, maka menghasilkan 448 kW atau 601 Tk. Namun, besaran tenaga tersebut bisa melonjak saat mode Boost digunakan. Lonjakan tenaganya diklaim tembus 478 kW atau setara 641 Tk.

Dengan besaran tenaga tersebut, Ioniq 5 N diprediksi bisa mencapai 100 Kpj dalam waktu 3,4 detik. Sementara kecepatan maksimumnya, bisa tembus 260 Kpj.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com