Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fiat Panda Disulap Jadi Mobil Paling Ceper di Dunia

Kompas.com - 14/09/2023, 14:41 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Modifikasi kendaraan saat ini menjadi hal yang lumrah dilakukan oleh pemilik roda dua maupun kendaraan roda empat.

Ubahan yang dilakukan pada kendaraan pun beragam, mulai dari yang ringan seperti menambahkan aksesori untuk mempercantik tampilan, memasang audio, hingga yang ekstrem seperti mengubah bentuk kendaraan.

Salah satunya seperti yang dilakukan oleh Carmagheddon, modifikator mobil yang berbasis di Italia. Carmagheddon melakukan modifikasi ekstrem dengan membuat mobil paling rendah yang dapat dikendarai.

Baca juga: Konsumen Ferrari Purosangue Bukan Orang Kaya Baru

Menggunakan basis Fiat Panda, Carmagheddon memotong body Fiat Panda tepat di bawah jendela, sehingga menghasilkan visual yang rendah.

Melalui kanal Youtube Carmagheddon, disebutkan bahwa rangka asli kendaraan tersebut ditukar dengan go-kart.

Mobil ini dibekali roda yang sangat kecil, alhasil mobil tampak seolah-olah melayang di jalan karena roda yang tidak terlihat.

Mobil ini juga memiliki kecepatan yang lebih rendah dari Fiat Panda asli.

Mengingat bentuknya yang begitu rendah, pengemudi yang ingin mengendarainya harus merangkak ke dalam kendaraan dan harus dalam keadaan rebah atau ‘terlentang’ saat mengoperasikannya.

Baca juga: Berstatus Street Circuit, Sirkuit Mandalika Belum Buat Jalan Umum

Fiat Panda garapan Carmagheddon ini juga sudah diuji di jalan kerikil, dan dapat dikendarai seperti mobil lainnya.

Meski mendapat julukan sebagai 'mobil terendah di dunia', namun tidak dijelaskan seberapa tinggi Fiat Panda garapan Carmagheddon itu.

Rekor Dunia Guinness terbaru menunjukkan bahwa gelar tersebut dimiliki oleh Mirai berukuran 17,79 inci (55,2 cm) dari tanah hingga bagian tertinggi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com