Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hyundai Ioniq 5 Lawas Tidak Bisa Mengaplikasikan Fitur Bluelink

Kompas.com - 14/09/2023, 10:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Hyundai Ioniq 5 semakin canggih berkat adanya penambahan teknologi Hyundai Bluelink. Sayangnya, teknologi ini tidak bisa diaplikasikan pada Ioniq 5 lama.

Pada Ioniq 5 lama, PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) belum melengkapinya dengan Hyundai Bluelink. Teknologi tersebut pertama kali disematkan pada Creta, baru kemudian disematkan juga di Stargazer, Palisade, dan Stargazer X.

Baca juga: Mobil Listrik Ioniq 5 Kini Dilengkapi Teknologi Hyundai Bluelink

Putra samiaji, Head of After-sales Service PT HMID menegaskan bahwa terdapat beberapa perbedaan pada Ioniq 5 lama. Sehingga, tidak bisa mengaplikasikan fitur Bluelink.

Hyundai Ioniq 5 BluelinkKompas.com/Donny Hyundai Ioniq 5 Bluelink

"Memang tidak tersedia port untuk menambahkan Bluelink di sana, emang itu sistem yang berbeda, untuk menambahkan bluelink ke versi lama itu tidak bisa. Jadi, memang harus salah satunya beli yang baru," ujar Putra, kepada wartawan, saat ditemui di Jakarta, Rabu (13/9/2023).

Putra menambahkan, pengaplikasian Hyundai Bluelink tidak seperti upgrade OS pada smartphone. Secara sistem, Ioniq 5 non Bluelink dengan versi Bluelink disebutkan memang berbeda.

Baca juga: Hyundai Ioniq 5 Jadi Andalan Paspampres, Lead Car Rombongan KTT ASEAN

"Jadi, yang lama tidak bisa mengaplikasikan Bluelink, karena banyak hal-hal yang ditanamkan di dalam Ioniq 5 yang sekarang untuk bisa mengoperasikan Bluelink," kata Putra.

Peluncuran Hyundai Ioniq 5 BluelinkKompas.com/Donny Peluncuran Hyundai Ioniq 5 Bluelink

"Detailnya apa saja saya kurang hafal tapi memang tidak bisa diaplikasikan. Jadi ini bukan add-on, Bluelink ini bukan add-on, jadi memang integrated dengan Bluelink," ujarnya.

Jika diperhatikan di bagian interior, memang terdapat beberapa perbedaan fisik. Pada Ioniq 5 Bluelink, sudah ada tombol Bluelink dan SOS di bagian atap. Sementara di bagian dasbor, terdapat tambahan tombol Setup, Navigation, dan Map.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com