Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Estimasi Biaya Perbaikan CVT Nissan Juke

Kompas.com - 09/09/2023, 12:42 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

SLEMAN, KOMPAS.com - Nissan Juke merupakan SUV dengan desain eksterior unik sebagai identitasnya. Bentuk yang berbeda daripada mobil lainnya ini membuat Juke memiliki pengagumnya tersendiri.

Sejak awal diluncurkan mesin Juke memang berkubikasi kecil, hanya 1.500 cc tidak seperti mobil SUV lainnya. Sehingga, selain tangguh mobil ini juga memiliki kelebihan irit bahan bakar.

Ditambah dengan transmisi CVT, maka konsumsi BBM menjadi jauh lebih efisien karena transmisi tersebut memang mengupayakan dapat mengeluarkan output besar meski tenaga putarnya rendah.

Baca juga: Mau Beli Nissan Juke Bekas, Kenali Dulu Penyakit Umumnya

Sehingga, Juke bisa dikendarai dengan mode ekonomis. Tidak heran, hanya dengan putaran mesin rendah mobil ini dapat melaju dengan kencang pada kecepatan konstan dan medan jalan yang rata.

Namun, karakter transmisi CVT kurang mendukung untuk medan terjal layaknya area perbukitan. Sehingga, sebelum membeli Nissan Juke perlu memperhatikan biaya perbaikan transmisinya.

Hardi Wibowo, Pemilik Aha Motor Yogyakarta mengatakan transmisi CVT seperti pada Juke dan sejenisnya memang didesain khusus untuk medan perkotaan yang landai.

Baca juga: Pemenang Kontes Modifikasi Hot Wheels Pakai Basis Nissan Juke

Mobil modifikasi Nissan Juke yang jadi pemenang Hot Wheels Legends Tour 2023Dok. @sebastiansahir Mobil modifikasi Nissan Juke yang jadi pemenang Hot Wheels Legends Tour 2023

“Jika digunakan pada medan berbukit maka ada risiko kerusakan pada CVT-nya atau bisa mengalami gagal menanjak, terlebih lagi pengemudi tidak piawai memanfaatkan momentum, atau tidak ambil ancang-ancang,” ucap Hardi kepada Kompas.com, belum lama ini.

Hardi mengatakan maka dari itu transmisi CVT perlu perawatan yang ekstra dalam hal melakukan penggantian oli.

Jika sampai oli transmisi telat diganti, maka risikonya akan terjadi kerusakan pada komponen utama pada CVT yakni puli dan sabuk bajanya karena terjadi selip.

Baca juga: Nissan Juke Jadi Mobil Balap Habiskan Dana Nyaris Rp 1 Miliar

Modifikasi Nissan Juke konsep Deutsche Tourenwagen MastersDok pribadi David Sebastian Modifikasi Nissan Juke konsep Deutsche Tourenwagen Masters

“Maksimal penggantian oli transmisi CVT setiap poin deterioration mencapai angka 100.000 atau jika dikonversi ke jarak tempuh sekitar 40.000 Km,” ucap Hardi.

Beberapa transmisi CVT mengalami kerusakan akibat telat melakukan penggantian oli serta pemaksaan terhadap kemampuannya dalam melibas tanjakan ekstrem.

“Saran saya, transmisi CVT menghindari tanjakan ekstrem karena risikonya bisa sampai pada kerusakan, dan solusinya hanya dengan cara dilakukan penggantian,” ucap Hardi.

Baca juga: Modifikasi Nissan Juke Hybrid Terinspirasi Reli Dakar

Beberapa solusi perbaikan transmisi CVT pada Juke adalah dengan menggantinya satu gelondong atau dicari persamaannya.

“Untuk Juke harga transmisi CVT barunya sekitar Rp 40 juta, bisa juga menggunakan persamaan milik Datsun kondisinya baru sekitar Rp 17 jutaan, perbedaanya sedikit tapi aman untuk digunakan,” ucap Hardi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com