Kompas.com - 24/05/2022, 11:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Nissan Juke di Indonesia sudah tidak dipasarkan lagi di Indonesia. Tapi, penggunanya masih cukup banyak.

Cukup jarang terlihat pengendara Juke di Indonesia yang memodifikasi mobilnya. Padahal, tampilan sport utility vehicle (SUV) ini cukup maskulin.

Salah satunya seperti Juke Hybrid terbaru yang sudah dimodifikasi dengan konsep reli Dakar. Setelah tahun lalu dibuat versi konsep cross-country rally, sekarang Nissan benar-benar mewujudkannya.

Baca juga: Nissan Juke Hybrid Siap Meluncur, Transmisinya Unik

Dikutip dari Autoindustriya.com, Senin (23/5/2022), Nissan menyebutnya dengan konsep Juke Hybrid Rally Tribute. Mobil yang digunakan adalah Juke Hybrid standar dan dimodifikasi sesuai dengan konsep mobil reli.

Modifikasi Nissan Juke Hybrid bergaya reli DakarDok. Autoindustriya.com Modifikasi Nissan Juke Hybrid bergaya reli Dakar

Modifikasi dengan konsep ini tentu akan menonjolkan bagian kaki-kaki. Untuk itu, Nissan menyematkan ban Goodyear Wrangler berukuran 265/70 R16 tipe all-terrain.

Untuk membuat bagian kaki-kakinya lebih kokoh, Juke Hybrid tersebut juga dibekali dengan over fender. Ditambah lagi dengan skid plate pada bumper depan dan belakang.

Baca juga: Daftar Harga Bekas Nissan Juke di Awal 2022

Nissan juga melengkapi eksterior Juke Hybrid dengan lampu LED yang disematkan di kap mesin dan atap. Tentunya, penambahan ini tidak hanya memikirkan estetika semata, tapi juga fungsional. Pada bagian atas, selain diberi tambahan lampu LED, hanya ada roof rail saja.

Modifikasi Nissan Juke Hybrid bergaya reli DakarDok. Autoindustriya.com Modifikasi Nissan Juke Hybrid bergaya reli Dakar

Beralih ke buritan, Nissan menanggalkan kaca belakang Juke Hybrid untuk menempatkan dua ban cadangan. Untuk meningkatkan tampilan lebih sporty, knalpot model dual muffler dibuat keluar dari tengah-tengah bumper.

Bagian interior tak kalah menarik, karena sesuai dengan konsep mobil reli, di mana terdapat roll cage, alat pemadam kebakaran, serta setir dan rem tangan hidrolik yang dibungkus oleh material kulit Alcantara.

Pada joknya sudah menggunakan model bucket seat dan dibuat lebih aman dengan safety belt empat titik. Selain itu, dilengkapi juga dengan sistem intercom.

Modifikasi Nissan Juke Hybrid bergaya reli DakarDok. Autoindustriya.com Modifikasi Nissan Juke Hybrid bergaya reli Dakar

Sektor mesin dibiarkan standar dengan mesin 1.6 L, 4-silinder, yang mampu hasilkan tenaga sebesar 92 tk dan torsi 148 Nm. Mesin tersebut juga dikombinasikan dengan motor listrik bertenaga 47 tk dan torsi 205 Nm.

Sebagai sentuhan akhir, Nissan Juke Hybrid diberi kelir merah tua dengan kombinasi warna hitam pada kap mesin. Selain itu, Nissan memilih livery terinspirasi dari Datsun 240Z yang memenangkan East African Rally pada 1971.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.