Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pentingnya Septic Tank pada Motorhome

Kompas.com - 22/08/2023, 14:21 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Modifikasi kabin mobil menjadi rumah berjalan atau motorhome kini mulai banyak diadaptasi oleh para penggiat traveling di Indonesia.

Meski terlihat serupa dengan campervan, perbedaan yang paling mencolok dari motorhome adalah punya fasilitas yang lengkap selayaknya rumah sungguhan. Mulai dari dapur, ruang makan, sofa, tempat tidur dan juga toilet.

Bagaimana mekanisme yang ada pada toilet pada motorhome?

Captain Jaka, ketua Campervan Indonesia mengatakan, motorhome jangan sampai membawa dampak rugi pada lingkungan. Pemilik dan pembuat motorhome harus memikirkan ketersediaan penampungan pembuangan toilet atau septic tank.

Baca juga: Upaya KTM Turunkan 5 Motor di MotoGP Musim Depan Pupus

“Banyak motorhome yang dilengkapi dengan toilet tapi tidak pakai penampungan pembuangan toilet. Itu tidak boleh dilakukan karena akan mencemari lingkungan. Sebaiknya setiap toilet pada motorhome harus punya septic tank,” kata Jaka kepada Kompas.com beberapa hari yang lalu di ICE-BSD, Tangerang.

Toilet pada motorhome Nyi IteungKOMPAS.com/ JANLIKA PUTRI Toilet pada motorhome Nyi Iteung

Kendati toilet digunakan pada saat mobil berjalan, namun akan mengganggu lingkungan karena pembuangan toilet tidak ada penampung.

Kemudian, apabila toilet motorhome dilengkapi dengan septic tank, pemilik mobil juga harus rutin membuang atau menguras isi penampungan toilet agar tidak kepenuhan.

Untuk pembuangan isi septic tank juga tidak boleh sembarangan, misalnya dibuang ke laut atau menggali tanah.

Baca juga: Tips Cegah Rangka Motor Berkarat dan Patah, Jangan Bawa Beban di Dek

“Kalau buang sembarangan aja jadi pencemaran lingkungan karena itu adalah limbah. Maka dari itu kita juga harus pertimbangkan tempat yang aman dan tidak mengganggu ekosistem kehidupan saat membuang isi septic tank toilet motorhome,” kata Jaka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com